Tips Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami

tips mengobati gusi bengkak

PrimaBerita – Mengalami gusi bengkak tentu akan mengganggu aktivitas yang akan anda lakukan. Namun anda tidak perlu khawatir, anda bisa melakukan beberapa tips mengobati gusi bengkak secara alami.

Gusi bengkak bisa menyebabkan munculnya darah saat menyikat gigi. Bau mulut juga bisa saja terjadi karena kondisi ini. Nah, menurut Healthline, gejala ini adalah tahapan awal penyakit gusi atau gingivitis.

Jika gingivitis tidak anda obati, kondisi periodontitis dapat terjadi. Hal ini memengaruhi jaringan yang menopang gigi dan menahannya. Tulang pada rahang mungkin rusak dan ruang-ruang kecil dapat terbuka pada antara gusi dan gigi sehingga bisa menyebabkan kerontokan gigi jika tidak segera anda obati.

Berikut Tips Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami

Untuk gejala yang masih ringan :

Berkumur dengan Air Garam

Selain efektif membersihkan karang atau plak pada gigi, garam bisa anda manfaatkan untuk mengobati gusi bengkak. Kandungan sodium pada garam bisa menjadi antiseptik alami untuk kesehatan mulut. Caranya, anda cukup mencampurkan air dan garam dan menjadikannya obat kumur setelah anda selesai menyikat gigi.

Berkumur dengan Air Lemon

Antiseptik alami lainnya juga bisa dapat dari lemon. Lemon mengandung asam yang berguna sebagai alkali alami untuk menyeimbangkan kadar pH dalam mulut. Caranya mudah, anda cukup memeras satu buah lemon dan campurkan dengan segelas air hangat. Kemudian, anda bisa menggunakan air lemon sebagai obat kumur. Gunakanlah sebanyak 3 kali sehari.

Oleskan Belimbing Wuluh pada Gusi

Tidak hanya dengan garam dan air lemon, belimbing wuluh juga efektif untuk membasmi bakteri yang ada dalam mulut. Pilihlah belimbing yang belum matang, tumbuk hingga halus, lalu oleskan pada bagian gusi yang bengkak.

Oleskan Campuran Merica, Garam, dan Air pada Gusi

Bumbu dapur lainnya yang bisa dijadikan pengobatan alami adalah merica. Pasalnya, merica mengandung zat anti inflamasi dan analgesik yang berguna untuk meredakan rasa nyeri. Coba campurkan merica, garam, dan sedikit air, lalu aduk hingga berbentuk pasta dan oleskan pada gusi yang bengkak.

Berkumur dengan Air Rebusan Daun Jambu Biji. Bahan ini efektif untuk membasmi bakteri dan menjaga kesehatan mulut. Caranya penggunaannya cukup mudah. Anda hanya perlu merebus beberapa lembar daun jambu biji, lalu gunakan air rebusan tersebut untuk berkumur.

Cara Alami Lain untuk Mencegah Gusi Bengkak

Sikat gigi setidaknya dua kali sehari dan gunakan benang gigi secara teratur. Kebanyakan gusi bengkak karena radang gusi. Kebersihan mulut yang baik adalah pertahanan yang kuat untuk mencegahnya.

  • Pastikan pasta gigi (atau obat kumur) tidak mengiritasi gusi. Jika anda berpikir bahwa produk kesehatan mulut yang kini anda gunakan mengganggu gusi, beralihlah ke merek lain.
  • Hindari produk tembakau karena dapat mengiritasi gusi.
  • Hindari minuman beralkohol karena lebih mengiritasi gusi
  • Tambahkan buah dan sayuran ekstra ke dalam makanan untuk memastikan anda memiliki nutrisi yang seimbang.
  • Jangan makan makanan seperti popcorn yang bisa bersarang antara gigi dan gusi.
  • Jauhi minuman dan makanan manis.

Sebaiknya segera periksakan diri ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan penanganan yang tepat jika gusi masih tetap bengkak.

Add a Comment