Tips Mendeteksi Pipa yang Bocor dan Cara Mencegahnya

tips mendeteksi pipa bocor

PrimaBerita – Masalah pada saluran air bisa saja terjadi, salah satu yang paling umum yaitu masalah pipa bocor. Penyebabnya pun bisa beragam.

Pipa, khususnya pipa PVC memang sudah populer digunakan untuk rumah tangga dalam hal kebutuhan saluran air. Entah itu untuk kebutuhan saluran air bersih maupun untuk saluran pembuangan.

Pipa yang baik untuk kebutuhan saluran air bersih tentu terlihat dari segi kualitas. Apakah pipa yang anda beli berkualitas dan sudah sesuai dengan standar SNI atau standar yang berlaku lainnya. Pasalnya kebocoran pada pipa bisa terjadi kapan saja. Jadi supaya tidak membuat anda selalu repot, tentukan terlebih dahulu pipa air yang mana yang paling efektif untuk anda gunakan.

Lantas untuk mengetahui adakah kebocoran pada pipa instalasi, cobalah lakukan langkah seperti berikut.

Tips Mendeteksi Pipa Bocor

  • Tutup Kran dan Perhatikan Meteran

Tutup seluruh kran air, setelah itu amatilah meteran air. Jika indikator petunjuk aliran air masih terus berputar maka bisa kita pastikan bahwa sudah terjadi kebocoran pada instalasi pipa anda. Bisa jadi pada sistem perpipaan ataupun pada kran air sendiri.

  • Amati Kerja Pompa Pada Pompa Bertekanan

Bila instalasi air menggunakan pompa bertekanan maka cobalah perhatikan kinerja pompa tersebut. Ketika anda melihat pompa tiba-tiba bekerja maka kemungkinan besar juga telah terjadi kebocoran.

Kendati demikian menemukan titik kebocoran pada pipa sebenarnya lebih mudah dilakukan apabila pipa instalasi disalurkan lewat dinding maupun bagian atap rumah. Namun titik-titik lembab pada tembok atau atap juga patut anda waspadai agar perbaikan bisa segera anda lakukan.

Sebaliknya, ketika pipa instalasi tertanam pada bagian dasar atau bawah lantai kondisi ini biasanya agak menyulitkan. Karena rembesan air tidak nampak secara langsung atau tidak ke permukaan lantai.

Cara Mencegah dan Mendeteksi Pipa Bocor

Ada juga cara yang bisa anda lakukan untuk mencegah dan mendeteksi pipa bocor, yaitu:

  1. Matikan semua peralatan rumah tangga yang menggunakan air
  2. Setelah itu identifikasi sumber kebocoran dengan melihat rembesan air yang muncul
  3. Bongkar tembok menggunakan bor untuk menjangkau bagian yang bocor
  4. Lalu perhatikan kondisi apakah pipa perlu anda ganti atau cukup hanya menambalnya saja

Add a Comment