Tips Membuat Telur Rebus Sempurna Untuk Hari Paskah

tips membuat telur rebus paskah

PrimaBerita –Β  Pada hari Minggu, 4 April 2021 umat Kristiani merayakan hari Paskah. Yang mana pada perayaan ini bersimbolkan sebuah Telur artinya akan menyongsong hidup yang baru. Nah, ada beberapa tips yang perlu anda lakuakn untuk membuat telur rebus sempurna untuk hari paskah.

Pada perayaan paskah, biasanya anak-anak bersemangat menghias telur rebus dengan aneka cat dan hiasan tempel.
Telur dalam perayaan Paskah rupanya dikaitkan dengan kebangkitan Kristus. Dulu, telur Paskah hanya dicat dengan warna merah darah dan kini mulai diberi cat juga hiasan warna-warni.

Berbagai bentuk atau variasi sdalam menghias telur sehingga terlihat cantik dan menarik. Sebelum telur tersebut anda hias, tentu Anda akan merebusnya terlebih dahulu. Agar telur rebus mampu menyempurnakan perayaan Paskah, ikuti beberapa cara ini.

Berikut Tips Membuat Telur Rebus Sempurna Untuk Hari Paskah

Untuk merebus telur yang anda perlukan adalah telur, air, dan es. Untuk peralatannya, cukup panci, sendok atau alat lain untuk mengambil telur, mangkuk dan ponsel sebagai timer.

Pertama, panaskan air hingga mendidih dan masukkan telur. Pastikan telur benar-benar terendam air. Seperti melansir Simply Recipes, ada beberapa upaya yang bisa Anda lakukan agar proses perebusan tidak membuat telur pecah antara lain, menambahkan satu sendok teh cuka atau setelah sendok makan garam.

Mengutip dari Delicious Meets Healthy, waktu terbaik merebus telur adalah 6-7 menit. Saat air mendidih, sebaiknya turunkan suhu atau kecilkan api kompor hingga ke panas medium dan atur timer.

Saat sudah mencapai batas waktu, angkat telur dan pindahkan langsung ke mangkuk berisi air es. Es akan membuat telur cepat dingin dan mengghentikan proses memasak.

Lama waktu perebusan akan menghasilkan tekstur telur rebus yang berbeda. Berikut perbedaan tekstur berdasarkan lama proses perebusan.

– 4 menit: telur memiliki tekstur lembek.
– 5 menit: telur memiliki tekstur lebih lembut.
– 6 menit: telur terutama bagian kuning telur akan memiliki tekstur seperti saus custard.
– 7 menit: kuning telur memiliki tekstur creamy.
– 8 menit: tekstur telur akan lebih padat tetapi bagian kuning creamy.
– 9 menit: telur rebus akan sangat padat dan agak keras.

Add a Comment