Manfaat Berciuman Bagi Kesehatan Tubuh, yang Perlu Diketahui

manfaat berciuman bagi kesehatan

PrimaBerita – Berciuman merupakan salah satu aktivitas intim yang banyak pasangan sukai. Selain bisa memperat hubungan, berciuman juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh.

Manfaat berciuman bisa mulai dari meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi rasa stres, hingga memperpanjang usia pasangan.

Melansir dari The List, Berikut Manfaat Berciuman Bagi Kesehatan Tubuh

Meningkatkan sistem imun

Menurut penelitian dari Netherland Organisation for Applied Scientific Research, berciuman selama 10 detik dapat memindahkan sebanyak 80 juta bakteria antara anda dan pasangan.

Bakteri dari pasangan menjadikan tubuh anda menghasilkan antibodi, yang kemudian berubah menjadi imunitas dan mencegah penyakit.

Meningkatkan Kesehatan Gigi

Produksi air liur yang dipicu karena berciuman dapat bermanfaat untuk kesehatan oral. Sebab air liur membantu memperlambat keasaman pada area mulut. Namun sebaiknya, berciumanlah dengan pasangan yang menjaga kesehatan mulutnya juga.

Merilis Hormon Bahagia

Hormon oksitosin dan dopamine memenuhi otak saat berciuman. Keduanya merupakan hormon yang dapat membuat anda merasa lebih bahagia, lebih intim dengan pasangan, dan lebih nyaman.

Hormon dopamine juga dapat mengelola mood, perilaku, tidur, kognitif, dan kreativitas.

Memperpanjang Usia Pria

Sebuah riset menemukan bahwa pria yang mencium pasangannya setiap pagi memiliki usia yang lebih panjang, sekitar 5 tahun lebih lama dari yang tidak melakukannya.

Merendahkan Tekanan Darah dan Kolestrol

Penulis buku Andréa Demirjian mengatakan bahwa berciuman dengan penuh gairah dapat meningkatkan detak jantung yang membantu merendahkan tekanan darah.

Studi lain juga menemukan bahwa berciuman dapat mengurangi kortisol, hormon yang berkaitan dengan berat badan, tekanan darah tinggi, dan kolestrol tinggi.

Menghilangkan Garis halus dan keriput

Fakta dari the American Journal of Medicine Blog ini, berciuman melibatkan sekitar 30 otot wajah dan 112 otot postural. Berciuman dapat membantu menghilangkan garis halus dan keriput, mengencangkan otot pada wajah dan rahang, dan meningkatkan sirkulasi pada wajah. Hasilnya, anda akan mendapatkan efek glow yang natural.

Meredakan stres

Jeannie Assimos, Chief of Advice di eHarmony memberitahukan hasil salah satu penelitian pada tahun 2009 mengenai berciuman. Dalam studi tersebut responden yang berciuman dengan pasangannya memiliki stres yang lebih rendah, kolestrol yang berkurang, dan hubungan yang lebih puas.

Add a Comment