Makanan Unik Untuk Berbuka Puasa dari Berbagai Negara

PrimaBerita – Jika berbicara soal puasa, akan kurang lengkap rasanya jika tidak bicara mengenai makanan buka puasa yang identik dari berbagai daerah. Ada beberapa makanan unik untuk berbuka puasa dari berbagai negara yang perlu anda ketahui.

Waktu berbuka puasa menjadi salah satu momen istimewa yang banyak seluruh umat Islam nanti. Makanan yang beraneka ragam biasanya tersaji pada meja makan, mulai dari makanan buka puasa atau takjil hingga makanan berat. Setiap negara memiliki makanan khas mereka masing-masing untuk mereka hidangkan saat berbuka puasa.

Berikut Makanan Unik Untuk Berbuka Puasa dari Berbagai Negara :

Qatayef

Makanan yang satu ini merupakan menu berbuka puasa khas Yordania dengan nama Qatayef. Terbuat dari adonan tepung terigu yang sudah digoreng. Pada bagian atasnya terdapat bragam kacang-kacangan, yang meliputi walnut, pistachio, kismis, almond, dan hazelnut.

Qatayef ini memiliki cita rasa yang legit. Rasa tersebut berasal dari taburan kayu manis bagian atasnya lalu madu atau sirup panas siram pada bagian atasnya.

Shakshuka

Hidangan berbuka puasa ini berasal dari Algeria bahkan terkenal dalam beberapa negara Timur Tengah, yakni Shakshuka atau Chakchouk. Sajian ini terbuat dari telur ceplok sebagai bahan utamanya.

Kemudian, menu ini juga mencampurkan beberapa bumbu seperti cabai, saus tomat, jintan putih, dan bawang bombay.

Gullac

Pada saat bulan Ramadan, anda akan menemukan makanan Gullac pada Turki. Makanan yang satu ini hanya dapat anda temukan pada negara ini saja.

Makanan ini menjadi makanan khas dan unik, karena hidangannya yang manis denagn siraman air mawar sebagai penambah aromanya. Hidangan penutup terbuat dari pastry ini direndam susu dan diberi taburan biji delima serta pistachio pada bagian tengahnya.

Dolma

Dolma merupakan makanan khas dari negara Armenia. Menu ini berbahan utama nasi dan yang telah tergulung menggunakan daun anggur.

Bagian dalam Dolma terdapat beraneka isian berupa sayuran, paprika, bombay, zucchini, terong, bawang putih, dan daging. Ada dua jenis dolma, terbuat dari daging yang bisa tersaji dengan hangat dan sayuran untuk tersaji secara dingin.

Mansaf

Selain bisa menjadi menu untuk berbuka puasa, Mansaf juga termasuk makanan khas dari negara Yordania. Makanan ini merupakan hidangan tradisional yang terbuat dari campuran daging domba dan saus yogurt yang telah terfermentasi.

Menu ini biasa orang sajikan pada khubz atau roti Arab berbentuk datar, dapat juga anda sajikan bersama nasi atau bulgur (gandum gurih kering).

Harira

Harira adalah hidangan berbahan daging kambing yang berasal dari negara Maroko. Makanan ini berupa sup kental yang terbuat dari bahan-bahan daging sapi, lalu biasa orang celupkan ke dalam kuah kental berbahan kacang, beras, buncis, saus, dan rempah-rempah.

Makanan ini dapat orang santap dengan dua versi, yaitu Harira Fesi untuk rasa yang lebih ringan, karena mengandung lebih banyak tomat. Atau Harira Marrakechi versinya yang lebih berat, karena lebih banyak mengandung sayur-sayuran.

Add a Comment