Jangan Pakai Sepatu yang Terlalu Besar, Ini Bahayanya

pakai sepatu terlalu besar

PrimaBerita – Banyak orang yang belum mengetahui bahkan ada yang belum menyadari bahwa pakai sepatu yang terlalu besar ata terlalu sempit ada bahanya. Sepatu merupakan alas kaki yang bersifat universal. Sepatu dapat anda gunakan saat berolahraga, bekerja, acara resmi, atau sekedar menjadi pemanis penampilan.

Saat akan membeli sepatu, seseorang kadang merasa tidak mengapa jika sepatu mereka sedikit terlalu besar. Selama kaki masih masuk ke dalam sepatu dan tidak terlalu besar, seseorang merasa bahwa hal ini tidak bermasalah. Atau terkadang ada pula yang berpikir agar sepatu bisa ia pakai dalam waktu yang lama jika terlalu besar.

Walau tampak lebih lega dan tidak berdampak seberat menggunakan sepatu yang terlalu kecil, namun hal ini ternyata juga bisa menimbulkan dampak. Menggunakan sepatu yang terlalu besar juga bisa menyebabkan kaki cedera serta membuat keselamatan ketika berjalan jadi terancam.

Bahaya Pakai Sepatu yang Terlalu Besar :

Melansir dari beberapa sumber, menggunakan sepatu terlalu besar tetap membuat kaki berisiko mengalami kapalan. Telapak kaki akan berusaha mencengkram alas dan jika salah bisa menyebabkan pendarahan dan kapalan.

Melansir dari Verywell Health, penelitian juga membuktikan bahwa menggunakan sepatu yang terlalu besar bisa menyebabkan masalah pada jari-jari kaki. Hal ini tentu sama saja berbahayanya dengan menggunakan sepatu terlalu kecil.

Sebabkan Masalah pada Telapak kaki dan Keseimbangan

Penggunaan sepatu terlalu besar juga bisa menyebabkan terjadinya metatarsalgia, kondisi yang bantalan telapak kaki mengalami sakit dan peradangan. Hal ini bisa orang alami baik ketika menggunakan sepatu yang terlalu kecil maupun terlalu besar.

Untungnya, kondisi ini tidak serius dan dapat anda kembalikan seperti semula. Untuk mengatasinya, anda bisa menggunakan es dan mengistirahatkan kaki, selain itu pastikan untuk tidak menggunakan lagi sepatu dengan ukuran tidak tepat tersebut.

Bahaya lain dari menggunakan sepatu terlalu besar adalah risiko terjatuh yang mungkin muncul. Ketika sepatu tidak dapat menopang kaki dengan tepat, kestabilan tubuh secara keseluruhan juga bisa berdampak sehingga andarentan terjatuh.

Bahkan, jika anda tidak terjatuh, tetap terdapat masalah yang bisa anda alami dengan keseimbangan anda. Hal ini akan membuat otot tumit mendapat beban dan tekanan lebih besar. Sejumlah dampak tersebut menyebabkan agar sebaiknya tidak menggunakan sepatu dengan ukuran terlalu besar ini

Add a Comment