Ini Jenis Kerang yang Aman Untuk Anda Konsumsi

jenis kerang aman konsumsi

PrimaBerita – Salah satu sumber protein hewani yang mudah untuk anda temui adalah kerang. Selain karena rasanya yang lezat, kerang juga bisa meningkatkan rasa sebuah masakan dan juga kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh. Namun perlu anda ketahui jenis kerang yang aman untuk anda konsumsi karena tidak semua jenis kerang bisa anda konsumsi.

Berikut Jenis Kerang yang Aman Untuk Anda Konsumsi :

Kerang hijau

Salah satu jenis kerang yang paling mudah untuk anda jumpai pada warung atau pasar adalah kerang hijau. Cangkangnya sendiri berwarna hijau, panjang, dan pipih sedangkan bagian dagingnya berwarna putih kekuningan. Kerang hijau memiliki nama lain kijing dan sering juga orang menjualnya tanpa cangkang.

Kandungan kerang hijau cukup baik untuk kesehatan antara lain protein, kalsium, zat besi, zinc, vitamin A, vitamin B12, dan vitamin E.

Kerang bambu

Bentuk kerang bambu ini silinder memanjang seperti bambu. Cangkangnya sebesar ibu jari orang dewasa, dagingnya memanjang dan berwarna putih. Tekstur dagingnya yang lembut disempurnakan dengan rasanya yang gurih dan manis.

Kandungan kerang bambu antara lain tinggi dengan kalsium, vitamin A, Kalium dan protein. Manfaat kerang bambu antara lain membantu menyehatkan penglihatan, menjaga kesehatan saraf dan sel darah, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Kerang simping

Bentuk cangkang kerang simping pipih menyerupai kipas. Bagian dalamnya padat dan kenyal. Inti dagingnya berwarna putih dan berbentuk bulat memiliki tekstur yang lembut.

Kerang ini kaya protein namun rendah kalori sehingga membuat anda lebih mudah kenyang dan menghindari makan yang berlebihan. Ia juga mengandung vitamin B12, zat besi, dan omega 3 sehingga bisa meningkatkan sistem kerja otak.

Kerang dara

Jenis kerang yang paling terkenal, selain karena mudah untuk anda temukan, cara memasaknya juga sangat praktis karenaย  rasanya enak.

Kerang ini memiliki kandungan hemoglobin yang bermanfaat untuk menambah sel darah merah. Selain itu, kerang in juga mengandung zat besi yang membuat rasanya semakin khas.

Kerang tiram

Paling bisa anda makan mentah, memiliki cangkang yang pipih dan berkapur, tidak mulus namun seperti batu karang.

Untuk mengonsumsinya secara mentah, harus mendapat kerang yang segar dan bersih sehingga aman. Kerang ini akan lebih nikmat jika anda tambahkan perasan lemon. Mengandung kalsium, vitamin A dan vitamin B12 yang tinggi dan baik untuk kesehatan.

Kerang kepah

Bisa anda temukan pada hutang mangrove atau sungai besar. Bentuk cangkang kerang kepah ini seperti piring dengan cembung pada bagian tengah dan pipih pada tepiannya.

Kandungan kerang yang kaya akan protein, zat besi, seng, magnesium dan vitamin B12. Asam lemak omega 3 yang terkandung dalamnya baik untuk otak dan juga seng berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Add a Comment