Ini Gejala Awal Munculnya Batu Ginjal, Waspadai

gejala awal munculnya batu ginjal

PrimaBerita – Memiliki tubuh yang sehat merupakan keinginan banyak orang. Namun masih banyak orang yang lupa untuk menjaga pola hidup yang sehat. Salah satu hal sederhana yang kerap orang lupakan adalah minum air putih. Padahal air putih sangat baik untuk kesehatan ginjal. Ada beberapa gejala awal munculnya batu ginjal yang sebaiknya anda waspadai.

Batu ginjal merupakan endapan keras dalam ginjal yang menyerupai batu. Terbentuk dari mineral dan garam, serta memiliki beberapa variasi ukuran. Ukurannya sendiri akan sesuai dengan tingkat keparahan gejala yang pengidap alami, bisa lebih kecil dari pasir, dan bisa sebesar batu kerikil.

Batu ginjal dapat terjadi pada sepanjang saluran kemih, mulai dari ginjal, saluran ureter yang menghubungkan ginjal dengan kandung kemih, kandung kemih, hingga saluran uretra yang membawa urine ke luar tubuh.

Gejala awal batu ginjal yang berukuran sangat kecil biasanya terjadi secara ringan, bahkan tidak terjadi gejala sama sekali. Sedangkan batu ginjal dalam ukuran yang lebih besar, kondisi tersebut akan memicu rasa sakit, perdarahan, peradangan, atau infeksi.

Sejumlah gejala yang muncul biasanya tidak berkembang sampai batu sudah mulai bergerak melalui saluran kemih.

Berikut Gejala Awal Munculnya Batu Ginjal :

Tekanan atau rasa sakit pada punggung bawah

Kasus ini jarang terjadi, yang mana batu ginjal bisa saja terjebak dalam ureter, yaitu saluran yang membawa urine dari ginjal menuju kandung kemih.

Sumbatan pada area tersebut akan membuat urine terperangkap pada ginjal, sehingga memicu sejumlah gejala awal yaitu tekanan dan sensasi rasa nyeri pada area punggung bagian bawah.

Gejala gangguan kesehatan yang satu ini sangat ringan dan berkembang secara perlahan. Rasa sakitnya sendiri bisa saja datang secara tiba-tiba, yang terasa sangat menusuk. Untuk mengatasinya, sebaiknya anda beristirahat atau berbaring. Setelah sembuh, periksakan ke dokter.

Gejala yang Mirip dengan Infeksi Saluran Kemih

  • Meningkatnya intensitas buang air kecil.
  • Sering mendesak untuk buang air kecil.
  • Rasa sakit saat buang air kecil.
  • Urine mengalami perubahan warna.
  • Urine memiliki bau yang tidak sedap.
  • Adanya kandungan darah pada urine.
  • Demam tinggi.

Gangguan Pencernaan

Seorang pengidap batu ginjal pasti mengalami masalah pada organ lambung dan saluran pencernaan. Beberapa gejala gangguan pencernaan yang menjadi pertanda adanya batu ginjal, seperti:

  • Mual-mual;
  • Muntah-muntah;
  • Ketidaknyamanan pada perut yang tidak kunjung membaik.

Add a Comment