Hindari Stres Keuangan, Terapkan Saja Tips Hemat Sehabis Gajian

tips hemat sehabis gajian

PrimaBerita – Tips hemat sehabis gajian memang perlu diterapkan supaya seluruh pendapatan anda tidak habis begitu saja. Apalagi di tengah teknologi serba canggih sekarang ini, begitu banyak godaan untuk membeli barang-barang secara online. Terlebih jika sudah bertabur promo.

Nah agar anda terhindar dari masalah stres keuangan sebaiknya terapkan saja beberapa tips hemat sehabis gajian berikut ini.

Tips Hemat Sehabis Gajian

Beberapa tips berikut ini penting kita lakukan.

1. Buatlah To-Do List

Kunci kesuksesan mengatur uang bisa anda mulai dengan membiasakan membuat catatan rencana keuangan atau to-do list usai gajian. Tujuannya tak lain agar anda dapat dengan jelas mengetahui jenis alokasi semua pengeluaran bulanan dengan baik. Oleh sebab itu cara ini akan efektif membantu anda setiap kali hendak mengeluarkan uang. Beberapa contoh to-do list keuangan bulanan misalnya:

  1. Menganggarkan belanja kebutuhan pokok termasuk biaya data internet maupun pulsa
  2. Budget biaya tagihan (cicilan kendaraan, asuransi, KPR, listrik, air, dll)
  3. Budget donas atau zakat
  4. Menganggarkan biaya transportasi
  5. Dan masih banyak lagi

2. Usahakan Tetap Bisa Menabung

Walaupun kondisi gaji bulanan terkadang mengalami situasi yang penuh dengan ketidakpastian, tetaplah fokus dengan tujuan keuangan anda. Usahakan pula tetap bisa menabung. Selagi masih kuat dan semangat, anda bisa mencari sumber penghasilan baru atau sumber penghasilan tambahan.

3. Terapkan Hidup Sehat & Hemat

Hidup sehat begitu penting untuk dijalankan masing-masing orang. Karena itu biasakan untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang bergizi. Kemudian rajin menjaga kebersihan tubuh serta olahraga. Untuk menggapai cara menerapkan hidup sehat dan hemat, anda bisa memasak makanan sendiri.

4. Beli dan Belanja Sesuai Kebutuhan

Cobalah melatih pribadi untuk terbiasa membeli barang-barang sesuai kebutuhan. Selain itu segera temukan faktor penyebab bila timbul pengeluaran yang lebih besar. Bila perlu jangan terlalu sering belanja secara online. Fokuslah pada tujuan keuangan anda. Jika memiliki hutang, segera pikirkan dan bayar hutang anda agar hidup menjadi lebih tenang dan terhindar dari masalah stres keuangan.

Add a Comment