Cegukan Bisa Ganggu Aktivitas, Cobalah Tips Mengatasi Cegukan

tips mengatasi cegukan

PrimaBerita – Cegukan terus-terusan bisa mengganggu aktivitas, oleh karena itu ada tips yang boleh anda terapkan untuk mengatasi cegukan.

Perihal cegukan tentunya pernah dialami oleh siapa saja. Namun anda tidak perlu panik secara berlebihan sebab cegukan bukanlah sebuah kondisi medis yang parah. Cegukan bisa berlangsung hanya sebentar dan itu biasanya normal terjadi.

Melansir dari laman wikipedia, cegukan terjadi akibat kontraksi tiba-tiba yang tidak disengaja pada diafragma. Udara yang tiba-tiba lewat ke dalam paru-paru akan menyebabkan glottis menutup sehingga menimbulkan suara ‘hik’. Selain itu kondisi ini juga dapat terjadi secara berulang setiap menitnya.

Lalu bagaimana cara mengatasi cegukan?

Tips Mengatasi Cegukan

  1. Meningkatkan Kadar Karbondioksida dalam Darah

Cara yang pertama untuk ini adalah dengan bernafas menggunakan kantong kertas. Tempelkan kantong kertas tersebut ke mulut dan hidung lalu tiup serta hirup sebanyak 10 kali secara cepat.

  1. Menelan Sesendok Gula Pasir Kering

Ketika cegukan sedang muncul dan anda juga dapat menjangkau gula pasir, maka lakukanlah cara yang satu ini. Ini menjadi cara yang cukup manjur untuk meredakan cegukan. Pasalnya gula dapat memberi sinyal melalui serabut saraf yang akan mempengaruhi lengkung refleks cegukan.

  1. Menahan Nafas

Kegiatan menahan nafas sejenak menjadi cara yang paling populer yang banyak orang lakukan saat cegukan menghampiri. Biasanya orang akan menahan nafas sekitar 10 sampai 20 detik lalu menelan ketiga cegukan terasa akan muncul kembali. Anda bisa melakukan kegiatan ini sebanyak 2 atau 3 kali kemudian tarik nafas.

  1. Menutup Hidung dan Meminum Air

Menutup hidung dan meminum air bisa sebagai tips saat cegukan. Apalagi jika cegukan berlangsung terus menerus. Caranya yaitu dengan menarik nafas dalam-dalam lalu tutup hidung anda. Setelah itu minumlah 10 tegukan air ketika sedang tidak bernafas. Bahkan minum air dalam posisi yang membungkuk juga dapat anda lakukan untuk mengatasi masalah cegukan.

  1. Menekan Diafragma

Anda dapat melakukan penekanan dengan lembut pada area ini sambil menarik nafas secara perlahan.

  1. Duduk Memeluk Lutut

Jika memungkinkan, duduklah dengan memeluk lutut. Condongkan badan ke depan untuk memberikan penekanan ke area diafragma. Lakukan hal ini selama beberapa menit sampai cegukan menghilang.

Add a Comment