Berakhir Damai, Sepatu Setan Ditarik dari Peredaran

peredaran sepatu setan

PrimaBerita – Produsen sepatu terkenal, Nike Inc menyatakan perusahaan MSCHF yang memproduksi sepatu setan yang kabarnya berisi setetes darah pada bagian solnya telah sepakat secara sukarela untuk menarik sepatu tersebut dari peredaran. Kesepakatan itu juga merupakan bagian dari perjanjian damai hukum antara kedua pihak. Bahkan persetujuan damai itu juga sekaligus menyudahi perkara hukum yang dilayangkan pihak Nike atas tuduhan pelanggaran merek dagang.

Beberapa waktu belakangan, peredaran sepatu setan mendadak viral. Sepatu yang katanya ‘limited edition’ tersebut menuai kontroversi. Adapun ciri-cirinya berwarna merah, menempatkan nomor untuk setiap pasang sepatu, serta memiliki harga yang mahal. Liontin pentagram juga terlihat pada bagian tali sepatu.

Melansir dari sumber, sepatu yang dijual seharga USD 1.018 itu menggunakan logo dagang centang milik Nike lengkap dengan sol merah yang kabarnya mengandung setetes darah manusia. Sepatu itu juga nampaknya meniru desain Nike Air Max 97.

Selain itu produksi ‘Sepatu Setan’ hanya 666 pasang dan telah terkirim kepada para pembeli kecuali 1 pasang. Bahkan pada bagian permukaan sepatu juga mencatut Luke 10:18.

Menurut lansiran CNN, Nike menyatakan kalau MSCHF akan membayar kembali secara penuh atau refund kepada pembeli sepatu seri Satan dan Jesus Shoes yang rilis pada tahun 2019 silam.

“MSCHF bermaksud untuk mengomentari absurditas budaya kolaborasi yang dipraktikkan oleh beberapa meek. Dan tentang kerusakan intoleransi. Setelah mencapai tujuan artistiknya, MSCHF dengan senang hati telah menyelesaikan gugatan tersebut,” imbuh kepala litigasi kekayaan intelektual Debevoise & Plimpton sekaligus mewakili MSCHF, mengutip dari Reuters.

Sebelumnya Nike melayangkan gugatan terhadap MSCHF selaku produsen sepatu setan hasil kolaborasi dengan rapper Lil Nas X. Gugatan tersebut terdaftar atas tuduhan pelanggaran merek dagang.

Saat perilisan, perusahaan MSCHF bersama Lil Nas X merilis peredaran sepatu setan yang laris manis hanya dalam sekejap. Pemasaran sepatu juga bersamaan dengan rilis lagu terbaru Lil Nas X dengan Montero yang berjudul Call Me By Your Name. Ini pun kabarnya sempat mengundang kontroversi.

Add a Comment