Begini Cara yang Tepat Menjaga Daya Tahan Tubuh

cara menjaga daya tahan tubuh

PrimaBerita – Saat ini, menjaga daya tahan tubuh merupakan hal yang penting. Pasalnya ada berbagai virus yang mencoba masuk ke dalam tubuh. Untuk itu lakukan cara yang tepat dalam menjaga daya tahan tubuh anda.

Metabolisme adalah seluruh reaksi biokimia yang bertujuan untuk mempertahankan kehidupan yang terjadi dalam suatu organisme.

Daya tahan tubuh memegang peran penting dalam menjaga kesehatan secara keseluruhan. Jika terjaga dengan baik bisa membantu menurunkan risiko terjadinya infeksi yang bisa menyebabkan penyakit.

Hal paling utama yang perlu anda lakukan adalah  dengan menerapkan gaya hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan bergizi, rutin berolahraga, mengelola stres dengan baik, cukup beristirahat, serta melengkapinya dengan konsumsi suplemen khusus. Agar daya tahan tubuh selalu terjaga, anda bisa mengonsumsi suplemen dalam bentuk vitamin dan mineral.

Beberapa jenis vitamin dan mineral yang dtubuh butuhkan untuk sistem kekebalan tubuh berfungsi dengan baik. Sebab, kekurangan beberapa jenis vitamin, seperti zinc, selenium, asam folat, zat besi, serta vitamin A, B6, C, dan E disebut bisa memengaruhi daya tahan tubuh.

Namun,  penelitian lebih lanjut pada manusia untuk membuktikannya dan mencari tahu apa yang menjadi penyebab hal ini bisa terjadi.

Berikut Cara yang Tepat Menjaga Daya Tahan Tubuh :

Konsumsi Makanan Sehat

Makanan sehat bisa membantu memenuhi kebutuhan asupan vitamin dan mineral tubuh. Ada beberapa jenis makanan yang bisa anda konsumsi yaitu buah dan sayuran.

Mengelola Stres

Ada kaitan antara tingkat stres seseorang dengan kekebalan tubuh. Selain menghindari stres, anda juga bisa mengelola stres dengan melakukan latihan pernapasan atau meditasi.

Cukup Beristirahat

Dengan cukup istirahat, tubuh akan lebih bugar dan pada akhirnya membuat kekebalan tubuh bertambah. Saat daya tahan tubuh bekerja maksimal, risiko infeksi maupun serangan penyakit akan menjadi lebih kecil.

Konsumsi Suplemen Khusus

Konsumsi pula suplemen khusus yang bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Namun, penting untuk terlebih dahulu mengetahui apa saja jenis vitamin yang tubuh butuhkan. Konsumsi multivitamin juga bisa membantu memenuhi kebutuhan asupan tubuh yang tidak bisa dipenuhi dari pola makan yang diterapkan.

Add a Comment