Apa Itu Pneumonia dan Apa Penyebabnya?

pneumonia dan penyebabnya

PrimaBerita – Apa itu penyakit pneumonia dan apa penyebabnya? Pneumonia adalah peradangan pada paru-paru akibat adanya infeksi. Penyakit ini bisa menimbulkan gejala yang ringan hingga gejala berat. Tapi beberapa gejala yang paling umum yaitu demam, batuk berdahak, dan sesak nafas.

Pneumonia sendiri juga terkenal dengan istilah paru-paru basah. Pada kondisi ini infeksi akan menyebabkan peradangan pada kantong-kantong udara atau alveoli. Jika sudah terjadi akibatnya bisa penuh dengan cairan (nanah). Inilah yang bisa menyebabkan penderitanya kesulitan bernafas.

Penyebab Pneumonia

Bagi orang dewasa, pneumonia paling sering terjadi akibat adanya infeksi bakteri. Namun secara umum terkait pneumonia penyebabnya bisa beragam. Pneumonia bisa disebabkan oleh bakteri, virus, maupun jamur. Selain itu SARS-Cov-2 yang menyebabkan covid-19 juga menjadi salah satu virus penyebab pneumonia.

Pada kasus lainnya, pneumonia bisa muncul karena ada penyakit lain sebagai penyerta. Penyakit tersebut misalnya TB Paru. Untuk itu penting untuk selalu memperhatikan kondisi tubuh.

Sebagai gejalanya, pneumonia bisa bertanda seperti kelelahan, batuk, demam, menggigil, serta sesak nafas. Biasanya jika pasien sulit bernafas maka dokter akan memberikan oksigen tambahan atau memasang ventilator. Oleh sebab itu penderita perlu mendapatkan perawatan medis ke rumah sakit hingga pengawasan intensif demi mencegah komplikasi yang bisa berdampak fatal.

Selain bisa terjadi kepada orang dewasa, pneumonia ternyata salah satu penyebab kematian tertinggi dunia pada usia anak-anak. WHO bahkan memperkirakan bahwa akibat penyakit ini sekitar 15% terjadi kematian anak-anak berusia 5 tahun ke bawah. Pada tahun 2017, anak-anak yang meninggal akibat pneumonia sudah lebih dari 800 ribu jiwa.

Lihat Juga: Cara Gampang Membedakan Flu biasa dan Penyakit Pneumonia, Infeksi Paru-Paru

Pencegahan Pneumonia

Sebelum terjadi hal yang tidak kita inginkan, orang-orang bisa melakukan pencegahan terhadap penyakit pneumonia seperti melakukan beberapa cara berikut ini.

  1. Menjalani vaksinasi
  2. Memperkuat daya tahan tubuh, contohnya dengan mencukupi asupan nutrisi setiap hari
  3. Menjaga kebersihan tubuh
  4. Menjaga jarak dengan orang sakit pilek atau batuk
  5. Tidak mengonsumsi minuman-minuman yang beralkohol
  6. Tidak merokok atau menghentikan kebiasaan merokok

Add a Comment