Tradisi Unik Perayaan Musim Semi Dari Berbagai Negara

perayaan musim semi berbagai negara

PrimaBerita – Perayaan musim semi tentu berbeda-beda dari berbagai negara. Musim semi adalah masa peralihan dari musim dingin ke musim panas. Pada belahan utara bumi, musim semi sudah mulai sekitar tanggal 21 maret sampai tanggal 21 juni. Sedangkan bagi belahan selatan bumi, masa musim semi mulai sekitar tanggal 23 september hingga 21 desember.

Saat musim semi, tumbuh-tumbuhan mekar kembali. Karena ini jugalah musim semi kerap tersebut sebagai ‘musim bunga’. Musim semi membuat siang hari terasa lebih panjang daripada malan hari. Selain itu ada pula aneka tradisi dari berbagai negara untuk perayaan musim semi. Daripada penasaran coba cek negara mana saja yang menurut anda paling seru!

Perayaan Musim Semi Dari Berbagai Negara

a. Thailand

Perayaan musim semi negara Thailand bernama songkran water festival. Songkran berasal dari bahasa sansakerta yang berarti perjalanan astrologi. Festival ini menjadi acara tahunan sebagai tradisi tahun baru nasional Thailand. Perayaan songkran water festival mulai pada 13 april dan berlanjut 2 – 6 hari setelahnya.

b. India

Selanjutnya ada negara India yang merayakan holi. Perayaan holi bagi masyarakat India terlaksana saat pergantian musim dingin menuju musim semi. Masyarakat negara India akan berkumpul menggenangi jalanan dan saling saling melempar bubuk warna warni. Perayaan ini selalu berlangsung sangat meriah dan ceria sebagai penghormatan pada musim semi yang penuh warna.

c. Amerika Serikat

Amerika Serikat memeriahkan musim semi dengan menggelar white house easter egg roll. Menurut sejarah, perayaan ini telah ada sejak tahun 1814 silam. Setiap hari senin paskah, anak-anak akan berkumpul ke halaman gedung putih. Sesudah itu mereka berlomba-lomba akan menggulingkan telur ke rumput menggunakan spatula kayu. Kemudian telur yang lebih dulu menyentuh garis finish, itulah yang akan mendapatkan hadiah-hadiah menarik.

d. Bosnia

Cimburijada menjadi festival telur orak-arik yang sudah ada sejak ratusan tahun silam bagi warga Bosnia. Adapun festival ini terlaksana pada hari pertama perayaan musim semi di kota Zenica. Masyarakat sekitar akan menyantap menu sarapan telur orak-arik sembari menikmati alunan musik dan menari sebagai tanda sukacita.

e. Meksiko

Setiap tanggal 20 atau 21 maret, ribuan orang Meksiko termasuk wisatawan akan berkumpul ke bangunan piramida Teotihuacan untuk menyambut musim semi. Biasanya para peserta akan mengenakan pakaian putih dan mengangkat tangan ke arah langit sebagai simbol menyambut sang mentari.

Itulah beberapa negara yang merayakan festival untuk menyambut musim semi.

Add a Comment