Tidak Selera Makan? Lakukan Cara Ini Untuk Meningkatkan Nafsu Makan

cara meningkatkan nafsu makan

PrimaBerita – Setiap orang tentu pernah mengalami malas makan. Selain karena bosan makan makanan yang itu-itu saja, ada pula yang takut gemuk dan lain sebagainya. Anda bisa menerapkan cara mudah untuk meningkatkan nafsu makan ini.

Kurangnya nafsu makan bisa menjadi efek samping dari obat yang anda  gunakan, karena Anda sedang tertekan atau sedang stress. Ada baiknya anda bisa saja memaksa diri sendiri untuk makan, tapi ini hanya akan menambah stres.

 Berikut Cara Mudah Untuk Meningkatkan Nafsu Makan

Buat Waktu makan menjadi menyenangkan

Mungkin saat anda makan sendiri menjadi kesepian, anda bisa mengubah badmood tersebut dengan mengundang beberapa teman atau keluarga untuk makan bersama.

Anda juga bisa makan sambil menonton film atau drama kesukaan anda. Kemudian Sempatkan makan bersama keluarga Anda jika memungkinkan, atau bergabunglah dengan grup arisan pada komunitas Anda untuk memberikan kesan waktu makan sebagai momen yang selalu Anda nantikan.

Makanan lebih sering dalam porsi kecil

Jangan memaksakan untuk tiga kali makan besar dalam satu hari, camil 6-7 porsi makanan ringan sepanjang hari sebagai gantinya. Makanan dalam porsi yang lebih kecil juga lebih mudah untuk dipersiapkan.

Pilih makanan berkalori tinggi dan padat nutrisi, seperti selai kacang alami, buah-buahan kering, kacang-kacangan, smoothie buatan sendiri dari buah segar, yoghurt dan susu, keju, alpukat, dan legume.

Tambahkan saus favorit, dressing, keju parut atau lelehan keju, mentega, atau kuah untuk topping mashed potato, nasi atau pasta, untuk meningkatkan asupan kalori Anda.

Pastikan stok makanan favorit Anda Tersedia

Biasanya jika makanan kesukaan anda selalu tersedia akan menambah nafsu makan anda.Untuk itu, pastikan stok makanan favorit anda tersedia dalam kulkas atau dapur anda.

Ketika Anda memasak, buat dalam porsi besar untuk anda bagi beberapa hari berikutnya, atau adakan tukar-menukar bekal makan siang dengan teman kantor.

Menyimpan resep-resep masakan mudah favorit Anda dalam sebuah jurnal juga dapat membantu Anda saat-saat genting Anda butuh ide untuk memasak.

Buat makanan lebih menarik

Jika Anda tidak lapar karena makanan terlihat atau terasa hambar, cobalah untuk menemukan cara untuk membuatnya lebih menggoyang lidah. Karena makan dengan mata, jadi tata piring Anda semenggugah mungkin dengan variasi makanan dan nuansa

Jika Anda mengalami kesulitan mengunyah atau menelan makanan, mungkin akan membantu untuk mengubah fisik makanan Anda. Anda dapat memotong atau cincang daging dan sayuran mentah menjadi potongan-potongan kecil agar Anda lebih mudah mengunyahnya.

Jangan minum air Selama makan

Minum air tepat sebelum dan selama makan mungkin mengurangi jumlah makanan yang Anda akan makan karena terganggu oleh tambahan volume cairan.

Tidak apa untuk menikmati minuman dengan makanan Anda, tetapi minum hanya beberapa teguk sehingga Anda dapat fokus pada makanan.

Berolahraga

Latihan fisik membantu merangsang nafsu makan. Aktivitas fisik merilis senyawa kimia dalam otak yang dapat meningkatkan mood Anda dan merangsang nafsu makan Anda.

Dapatkan setidaknya 30 menit latihan kardiovaskular setiap hari, dan termasuk latihan kekuatan yang menargetkan semua kelompok otot utama Anda dua kali seminggu. Bahkan jika Anda hanya berjalan 10 menit pada satu waktu, dua atau tiga kali per hari, aktivitas fisik ringan ini dapat meningkatkan keinginan Anda untuk makan lebih banyak.

Add a Comment