Tanda-tanda Kanker yang Mungkin Sering Anda Abaikan

tanda-tanda kanker anda abaikan

PrimaBerita – Kanker merupakan penyakit yang paling semua orang takuti. Pasalnya, penyakit ini dapat mematikan. Beberapa tanda-tanda kanker yang mungkin sering anda atau banyak orang abaikan.

Menurut World Health Organization (WHO) atau Organisasi Kesehatan Dunia, sekitar 9.6 juta orang dalam dunia meninggal dunia akibat kanker pada 2018 kemarin. Angka yang sangat besar, jika anda bandingkan dengan angka pada 2015, yaitu 8.8 juta kematian.

Banyak cara untuk bisa mencegah kanker, mulai dari menghindari rokok, rutin olahraga, menjaga berat badan tetap ideal, hingga mengenali gejala-gejala kanker.

Melansir dari berbagai sumber, Tanda-tanda Kanker yang Mungkin Sering Anda Abaikan :

Pusing tanpa henti

Jika anda merasa pusing tanpa henti, bisa jadi salah satu tanda leukemia atau kanker darah. Selain itu, kanker kolon atau kanker perut juga bisa menimbulkan gejala pusing tanpa henti.

Jika pusing biasa akibat kelelahan atau kurang tidur, umumnya istirahat cukup dan tidur nyenyak saja sudah bisa mengusir pusing tersebut.

Namun jauh berbeda dengan pusing akibat kanker, yang biasanya tidak hilang walau sudah mencoba berbagai cara untuk meredakan sakit kepala pada umumnya.

Perubahan kebiasaan ke toilet

Mengalami konstipasi, diare, atau perubahan ukuran tinja dalam jangka waktu lama, maka sebaiknya anda segera konsultasi ke dokter. Ini bisa jadi tanda awal dari kanker kolon.

Gejala kanker prostat atau saluran kemih juga bisa menimbulkan rasa nyeri ketika buang air kecil. Waspada juga jika ada darah pada urine.

Berat badan turun drastis

Kehilangan berat badan mungkin hal yang sering terjadi pada saat sakit. Namun pada penderita kanker, kehilangan berat badan ini tidak ada penyebab jelasnya. Kehilangan berat badan tanpa penyebab jelas hingga 4.5 kilogram atau lebih, bisa jadi salah satu tanda kanker.

Bengkak tanpa alasan

Jika terjadi penebalan kulit atau bengkak tanpa alasan yang jelas, maka bisa jadi ini adalah salah satu tanda kanker yang harus segera anda periksakan ke dokter.

Mengecek tubuh secara rutin agar bisa mencegah kanker sejak dini memang penting, namun bukan berarti hal ini harus membuat anda jadi stres berlebih. Bengkak tanpa alasan yang jelas penyebabnya bisa karena banyak hal.

Sering demam

Walaupun demam lebih sering terjadi pada kanker stadium akhir, namun beberapa jenis kanker justru memberikan tanda demam pada stadium awal. Misalnya kanker darah, seperti leukemia atau lymphoma. Maka jika anda sering demam tanpa penyebab yang jelas, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter.

Nyeri terus menerus

Jika anda mengalami nyeri terus menerus pada satu bagian tubuh yang tidak sembuh dengan pengobatan awam, maka bisa jadi ini salah satu tanda waspada.

Lokasi nyeri menentukan jenis kanker yang mungkin anda derita, misalnya nyeri pada kepala bisa menjadi tanda tumor otak, nyeri pada perut bisa jadi tanda kanker kolon, atau nyeri pada payudara yang mungkin mengindikasikan kanker payudara.

Perubahan pada kulit

Jika tiba-tiba muncul bintik-bintik cokelat atau tahi lalat yang berubah warna, ukuran, atau bentuk, maka sebaiknya anda berkonsultasi ke dokter untuk mencurigai jenis kanker melanoma.

Selain kanker kulit, beberapa jenis kanker lainnya juga bisa menyebabkan perubahan kulit. Maka waspadai tanda dan gejala perubahan pada kulit, seperti: lebih gelap, kekuningan, kemerahan, gatal, dan atau berdarah.

Add a Comment