Tanda-tanda Hamil Muda yang Sering Diabaikan

tanda-tanda hamil muda

PrimaBerita – Sebagian roang mungkin akan berpikiran jika tanda kehamilan adalah mual, muntah, menstruasi terlambat atau kelelahan. Padahal tanda-tanda hamil mudah tidak hanya itu saja bahkan ada yang sering diabaikan.

Memang setiap wanita yang hamil akan mengalami mual dan muntah namun ada gejala lain yang mungkin tidak anda sadari. Gejala ini bukan lagi menyoal mual dan muntah beserta yang lainnya.

Berikut Tanda-tanda Hamil Muda yang Sering Diabaikan

Keluarnya Darah dari Vagina

Sebagian wanita mungkin mengira kondisi ini sebagai menstruasi, padahal, keluarnya darah pada vagina (pendarahan implantasi) bisa saja menandai tanda awal kehamilan. Meski mirip, pendarahan implantasi berbeda dengan menstruasi.

Pada pendarahan implantasi darah yang keluar dari vagina biasanya hanya sedikit dan warnanya kecokelatan atau merah muda. Sedangkan darah ketika menstruasi biasanya lebih pekat dan berwarna merah.

Menurut ahli Cleveland Clinic AS, meskipun tampak seperti pertanda buruk, perdarahan ringan (bercak/pendarahan implantasi) bisa menjadi tanda bahwa embrio telah tertanam pada lapisan rahim tubuh anda.

Perdarahan ini terjadi sekitar waktu haid reguler dan dapat berlangsung selama beberapa hari hingga beberapa minggu. Nah, bercak inilah yang membuat beberapa wanita berpikir bahwa mereka baru saja haid dan tidak hamil.

Perubahan Suasana Hati

Suasana hati yang mudah berubah adalah salah satu ciri-ciri hamil mudah yang kadang sering wanita abaikan. Gejala ini muncul akibat terjadinya perubahan hormon dalam tubuh.

Contohnya seperti hormon estrogen dan progesteron. Nah, meningkatnya kedua hormon tersebut pada beberapa minggu pertama kehamilan memengaruhi sel-sel saraf otak, sehingga suasana hati bumil mudah berubah.

Mood tersebut misalnya mudah marah, menangis, cemas, bahkan bisa menunjukkan gejala seperti depresi.

Lebih Peka Terhadap Bau

Menurut pakar National Health Service (NHS UK), indra penciuman bumil lebih sensitif dan peka terhadap bau-bauan. Kondisi ini yang bisa berdampak pada timbulnya rasa mual (morning sickness).

Hidung Mimisan

Sebagian wanita mengira penyebab kondisi ini adalah hal lain, bukannya kehamilan. Menurut NHS UK, mimisan cukup umum terjadi pada kehamilan karena perubahan hormonal. Meningkatnya kadar hormon dalam tubuh bumil bisa membuat hidung lebih mudah kering, bengkak, dan berdarah.

Mimisan ini bisa terjadi secara berat atau ringan, dan berlangsung dari beberapa detik hingga lebih dari 10 menit. Andaikan mimisan tak kunjung berhenti, segeralah temui atau tanyakan pada dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Rasa Logam pada Mulut

Banyak wanita mengatakan bahwa mereka mengalami atau merasakan adanya rasa logam pada mulut mereka selama tahap awal kehamilan. Kondisi ini mungkin terasa seperti anda memiliki setumpuk koin dalam mulut. Biasanya terjadi saat ibu mengonsumsi makanan tertentu atau secara acak sepanjang hari.

Timbulnya Jerawat

Ciri-ciri hamil muda lainnya yang sering wanita abaikan adalah masalah jerawat. Sebagian besar wanita mengira jerawat muncul akibat masalah kulit, contohnya akibat polusi udara, jarang mencuci muka, tidak membersihkan sisa makeup, dan hal lainnya. Padahal, dalam beberapa kasus kehamilan juga bisa memicu munculnya jerawat.

Add a Comment