Sudah Tahu? Efek Buruk Membersihkan Wajah dengan Tisu Basah

efek buruk tisu basah

PrimaBerita – Tidak sedikit orang menggunakan tius basah untuk membersihkan wajah atau membersihkan riasa pada wajah. Memang tampak lebih praktis daripada anda harus bergerak untuk mencuci wajah anda. Namun tahukah anda, ada efek buruk yang mengintai jika membersihkan wajah dengan tisu basah.

Pasalnya, tisu basah tidak diformulasikan untuk menghapus makeup dan menjaga kesehatan kulit wajah. Jika tisu basah pembersih makeup biasanya ada campuran makeup remover yang berupa minyak untuk mengangkat riasan, bahkan yang waterproof. Namun, tekstur tisu tetap bisa mengganggu barrier kulit jika anda gunakan terlalu vigorous (kencang) dan sering.

Berikut Efek Buruk Membersihkan Wajah dengan Tisu Basah

Kulit Jadi Kering

Tisu basah memiliki beberapa bahan kimia dalamnya seperti alkohol dan pengawet yang membuatnya bertahan lebih lama. Melansir dari Life Health, bahan kimia yang terkandung dalam tisu basah juga ampuh dalam menghilangkan bakteri, jamur, dan kuman lainnya.

Hal inilah yang membuat tisu basah menjadikan wajah jadi lebih kering dan kasar. Karena itu, setiap kali Anda menggunakan tisu basah untuk membersihkah wajah, segera cuci dengan air dan sabun.

Produk Perawatan Wajah  Menjadi Tidak Efektif

Tisu wajah mengandung banyak bahan kimia yang dapat menghilangkan pengaruh produk perawatan kulit. Jadi, seseorang harus menghindari penggunaan tisu basah pada wajah saat mengaplikasikan produk perawatan kulit apa pun.

Muncul Garis Halus

Tekanan berlebih yang muncul saat penggunaan tisu basah untuk wajah mengakibatkan munculnya garis-garis halus pada wajah.

Jika anda gunakan secara rutin dan berulang, garis halus pada wajah bisa saja muncul, terutama pada area mata. Selain garis halus, elastisitas wajah juga jadi berkurang sehingga membuat kulit tampak kendur.

Iritasi Kulit

Beberapa bahan kimia dalam tisu basah juga bisa menyebabkan iritasi terutama bagi mereka yang punya kulit sensitif. Biasanya, iritasi akan menunjukkan beberapa tanda seperti muncul kemerahan dan rasa panas pada beberapa titik wajah.

Jika iritasi kulit muncul, segera hentikan penggunaan tisu basah dan konsultasikan pada dokter untuk penanganan yang tepat.

Berbahaya bagi Kulit Sekitar Mata

Mata adalah bagian tubuh yang sensitif. Mengelap wajah dengan tisu basah justru berisiko mengiritasi mata dan membuat kulit bawah mata jadi semakin kendur. Akibatnya, mata jadi terlihat lebih sayu, hitam, dan mengantuk.

Buruk untuk Keseluruhan Kesehatan Kulit

Karena tidak bisa mengangkat kotoran dengan maksimal, tisu basah hanya menyebabkan permasalahan jerawat dan komedo jadi muncul. Kotoran yang tertinggal dan tidak terangkat secara sempurna bisa diam dalam kulit dan menyebabkan jerawat dan komedo.

Add a Comment