Merek Hp yang Menguasai Pasar Indonesia, Samsung Urutan Pertama

merek hp menguasai pasar Indonesia

PrimaBerita – Saat ini sudah hampir semua orang memiliki smartphone. Apalagi masa pandemi yang mewajibkan untuk belajar atau bekerja menggunakan kecanggihan teknologi. Nah, mengacu pada statistik global, sekitar 75,27 persen pengguna smartphone memakai OS Android dan 22,74 persen sisanya menggunakan iOS. Lalu merek Hp apa yang menguasai pasar Indonesia?.

Berikut Merek Hp yang Menguasai Pasar Indonesia, Melansir dari berbagai sumber :

1. Samsung (25,75 persen)

Ada Hp Samsung pada urutan pertama, Mei 2019 Samsung memiliki market share sebesar 25,75 persen. Angka ini cenderung turun dari tahun lalu, bulan Mei 2018 yang mana Samsung memiliki market share sebesar 29,34 persen.

Hp Samsung Galaxy S10, Samsung Galaxy Note 9, Samsung Galaxy A9 merupakan beberapa tipe yang tergolong best seller.

Samsung adalah salah satu perusahaan elektronik terbesar di dunia yang didirikan oleh Lee Byung-chull pada 1 Maret 1938, Daegu, Korea Selatan. Hingga kini, Samsung telah beroperasi dalam 58 negara dan memiliki sekitar 208.000 orang pekerja.

2. Xiaomi (20,98 persen)

Pada posisi kedua, ada Xiaomi dengan market share sebesar 20,98 persen pada periode Mei 2019. Bila anda bandingkan dengan statistik bulan Mei 2018 yang hanya sebesar 17,89 persen, angka ini cenderung naik. Meski kenaikannya tidak drastis, ini merupakan angin segar bagi Xiaomi.

Beberapa tipe smartphone Xiaomi yang paling best seller adalah Xiaomi Mi 9, Xiaomi Mi 8 Pro, Xiaomi Mi Mix 3 dan Xiaomi Mi 8. Terkenalnya mererk ini karena unggul dari segi harga, yang mana harganya tergolong terjangkau namun memiliki fitur yang tidak asal-asalan. Xiaomi sendiri adalah perusahaan elektronik asal Cina, Beijing.

3. Oppo (18,42 persen)

Terdapat Oppo yang menyusul pada urutan ketiga dengan market share sebesar 18,42 per periode Mei 2019. Sama seperti Xiaomi, Oppo juga mengalami kenaikan market share. Pada Mei 2018, market share Oppo adalah 13,35 persen dan terus mengalami kenaikan dari waktu ke waktu.

Pada tahun 2019, smartphone buatan Oppo yang paling best seller adalah Oppo Reno, Oppo F9 Pro, Oppo A7 dan Oppo A5. Samrtphone ini unggul dengan kamera selfie miliknya, memiliki fitur flash charge dan desain yang elegan. Oppo sendiri adalah perusahaan elektronik Dongguan, Guangdong, Cina.

4. iPhone (5,52 persen)

Per periode Mei 2019, iPhone hanya mencatatkan angka 5,52 persen saja, naik sedikit dari periode Mei 2018 yang memiliki market share 3,77 persen. Hal ini karena berbagai faktor, seperti harganya yang tergolong mahal, kapasitas baterai yang lebih kecil dan tidak memiliki slot memori eksternal.

Meski begitu, smartphone ini memiliki keunggulan sendiri seperti performa dan kamera yang lebih baik, privasi lebih aman dan update software lebih cepat. Beberapa seri iPhone yang tergolong paling laris terjual adalah iPhone XR, iPhone XS, iPhone XS MAX dan iPhone 8 Plus. iPhone merupakan produk dari Apple, perusahaan teknologi multinasional Cupertino, California.

5. ASUS (4,08 persen)

Tertinggal jauh dari rivalnya, ASUS harus berpuas diri dengan market share sebesar 4,08 persen saja. Jumlah ini cenderung menurun dari periode Mei 2018 yang mencatatkan angka 4,98 persen. Alasan ketertinggalannya beragam, mulai dari kurang inovatif dan kalah saing dari kompetitornya hingga dikenal sebagai hp yang cepat panas, membuat orang-orang berpikir ulang untuk membelinya.

Namun, ASUS memiliki beberapa smartphone yang tergolong best seller, seperti ASUS Zenfone AR, ASUS Zenfone 3 Deluxe, ASUS Zenfone 3 Ultra hingga ASUS Zenfone Zoom S. ASUS sendiri merupakan perusahaan teknologi berbasis Taiwan yang lebih dikenal memproduksi laptop atau produk yang berkaitan dengan komputer.

6. Lenovo (1,85 persen)

Lenovo yang memiliki market share sebesar 1,85 persen pada periode Mei 2019. Angka ini tergolong turun karena Mei 2018 Lenovo mencatatkan market share sebesar 3,67 persen. Seperti halnya ASUS, Lenovo tertinggal karena kurangnya inovasi dan kalah saing dari smartphone lain yang tergolong senior. Lenovo sendiri adalah perusahaan teknologi multinasional yang bermarkas di Beijing, Cina.

7. Huawei (1,13 persen)

Pada Mei 2018, Huawei mencatatkan market share sebesar 1,2 persen saja. Hal ini karena ada hubungannya dengan perseteruan antara perang dagang Cina vs Amerika Serikat dan Huawei terkena imbasnya. Ini menyebabkan penjualan Huawei anjlok dan permintaan pasar terhadap Huawei menurun drastis. Padahal, Huawei memiliki beberapa hp unggulan, seperti P30 Pro, Mate 20 Pro, P30 dan P20 Pro.

Add a Comment