Menu Sarapan yang Sebaiknya Perlu Dihindari Penderita Diabetes

sarapan yang perlu dihindari penderita diabetes

PrimaBerita – Sebetulnya ada beberapa jenis menu sarapan yang perlu dihindari penderita diabetes. Pasalnya jika tidak selektif dalam memilih makanan maka kadar gula dalam darah bisa menjadi tidak terkontrol. Untuk itu anda perlu mengetahui apa saja jenis makanan yang perlu anda hindari tersebut.

Menyadur dari beberapa sumber, menu sarapan yang sebaiknya perlu dihindari para penderita diabetes, yaitu:

Roti non gandum, nasi, dan pasta adalah makanan yang memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi. Sumber menyebut bahwa makanan ini terbukti bisa meningkatkan kadar gula darah, sehingga kurang baik untuk penderita tipe 1 maupun tipe 2.

Sementara itu Healthline juga menyebutkan, dalam sebuah penelitian pasta bebas gluten tidak menjamin makanan bebas dari gula. Studi lainnya mengungkap makanan berkarbohidrat tinggi tidak hanya meningkatkankadar gula darah saja melainkan dapat juga menurunkan fungsi otak pada penderita tipe 2.

Sebagai saran, pengidap bisa mengganti ketiga jenis makanan tersebut dengan makanan tinggi serat. Ini berguna untuk memperlambat penyerapan gula ke dalam aliran darah.

  • Yoghurt dengan Rasa Buah

Sekalipun yoghurt tergolong baik untuk sarapan, akan tetapi sebaiknya pengidap tidak usah mengonsumsi yoghurt dengan rasa buah. Karena yoghurt memiliki rasa yang biasanya terbuat dari susu rendah lemak dan serat, serta campuran gula dan karbohidrat. Sehingga dengan demikian sajian ini bisa meningkatkan gula darah serta insulin dalam tubuh. Kalaupun mau mengonsumsi yoghurt, lebih baik mengonsumsi yoghurt tanpa gula maupun perasa tambahan.

  • Sereal Manis

Mengonsumsi sereal manis ketika sarapan ternyata bisa memberikan pengaruh buruk bagi penderita. Namun meski demikian, sereal tetap menjadi salah satu makanan yang sehat. Hanya saja penderita diabetes kurang cocok mengonsumsi sereal.

  • Kentang Goreng

Kentang terkenal memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi. Bahkan kentang berukuran sedang yang masih mentah mengandung sekitar 11,8 gram karbohidrat. Sementara itu kentang goreng (yang saat menggoreng kentang menggunakan minyak sayur) bisa menghasilkan sekitar 36,5 gram karbohidrat. Sejumlah penelitian pun menyebut bahwa memakan kentang goreng atau makanan hasil gorengan lainnya juga memiliki resiko penyakit jantung.

Add a Comment