Manfaat Tak Terduga dari Melamun, Sudah Tahu Belum?

manfaat dari melamun

PrimaBerita – Apakah anda adalah orang yang sering melamun? apalagi saat kenyataan atau kebosanan menghampiri. Tenyata anda manfaat yang tak terduga dari melamun, apakah anda sudah mengetahuinya?.

Melamun juga merupakan bentuk ‘escape’ yang mana Anda membebaskan pikiran meski kerap dianggap sebagai bentuk kemalasan.

Gabriele Oettingen, profesor psikologi di New York University, mengutip dari Glamour mengatakan bahwa melamun itu berkhayal atau membayangkan tentang masa depan. Anda juga bisa melamun soal masa lalu, tentang apa yang terjadi sekarang. Namun sering melamun tentang masa depan. Pikiran-pikiran bebas dan gambaran, tidak membatasi pengalaman.

Berikut Manfaat Tak Terduga dari Melamun

Mengurangi kecemasan

Dalam sebuah studi pada 2016 dari University of British Columbia, peneliti menemukan bahwa membiarkan pikiran mengembara bebas akan membelokkan otak dari pikiran-pikiran negatif atau rasa cemas.

Pikiran lebih santai

Melansir dari Everyday Health, melamun memungkinkan pikiran beristirahat lalu saat lamunan berakhir pikiran jadi lebih segar. Mengerjakan hal yang sama dalam waktu lama membuat pikiran bosan bahkan tegang. Melamun akan membebaskan pikiran sejenak dari sesuatu yang Anda kerjakan.

Meningkatkan kreativitas

Melamun bisa meningkatkan kreativitas karena semakin keras anda memikirkan dan mencari ide makan anda akan kesulitan mendapatkannya. Dengan melamun, ide itu bisa daang dengan sendirinya.

“Dengan melamun, pikiran kita dapat menghubungkan sesuatu sedikit lebih jauh. Kita bisa menyatukan hal-hal yang biasanya tidak akan kita hubungkan,” jelas Leslie Ellis, psikoterapis.

Meningkatkan produktivitas

Melamun bisa membantu meningkatkan produktivitas. Meski kerap berkaaitan dengan kemalasan dan aktivitas yang kontra produktif, nyatanya melamun membantu Anda meningkatkan produktivitas.

Biarkan lamunan selama beberapa menit memberi jeda di tengah tumpukan pekerjaan atau saat situasi yang mana Anda terus mengerjakan hal serupa nyaris seharian. Melamun akan membantu meningkatkan suasana hati sehingga semakin besar peluang Anda untuk lebih produktif.

Menguatkan hubungan

“Saat kita berimajinasi soal sesuatu dengan detail, jelas dan bahkan jika kita bisa melibatkan sensasi yang lain, otak kita tidak membedakannya dari realitas. Jika kita membayangkannya dengan sepenuh hati relasi kita dengan seseorang, rasanya kita seperti merasakan nya secara nyata,” ujar Ellis.

Studi pada 2016 melihat apakah lamunan bisa menggantikan si dia yang tidak ada di samping kita. Hasilnya, lamunan bisa meningkatkan rasa cinta, koneksi dan rasa memiliki. Artinya, jika Anda tidak bisa berjumpa langsung dengan teman atau pasangan saat ini, melamun bisa membantu menjaga relasi dengannya tetap kuat.

Lebih bahagia saat bekerja

Melamun akan membantu meningkatkan suasana hati sehingga ada rasa lebih positif. Sesi kerja yang intens perlu jeda sehingga pekerjaan dapat anda kerjakan dengan suasana hati yang nyaman.

Membantu mencapai target

“Jika Anda ingin memenuhi keinginan Anda, mulailah dengan melamun, kemudian temukan hambatannya,” kata Oettingen.

Daripada melamun tentang yang Anda inginkan, sebaiknya anda menggunakan strategi lain. Coba Anda mulai dengan mengidentifikasi keinginan realistis, membayangkan hasil dan hambatannya, kemudian membuat rencana untuk mengatasi hambatan tersebut.

Add a Comment