Manfaat Daun Pisang yang Jarang Diketahui Orang

manfaat daun pisang

PrimaBerita – Ternyata daun pisang tidak hanya memiliki manfaat sebagai pembungkus atau alas makanan saja akan tetapi masih bisa digunakan untuk hal lain. Salah satu hal yang membuat daun pisang begitu sering jadi pembungkus makanan yaitu karena daun pisang sangat mudah ditemukan. Meski demikian, daun pisang juga memiliki harga jual.

Yuk langsung saja kenali apa saja manfaat daun pisang selain sebagai pembungkus makanan!

Sebagai Media Tanam

Daun pisang yang sudah kering ternyata bisa menjadi media tanam atau sebagai pengganti polybag plastik. Oleh karena itu melalui cara ini anda sudah bisa mengurangi plastik. Selain itu terdapat kandungan protein, hemiselulosa, dan lignin yang baik untuk media budiaya jamur merang.

Pakan Hewan Ternak

Bagi anda yang memiliki hewan ternak sebaiknya jangan buru-buru membuang daun pisang kering. Karena daun pisang kering bisa menjadi solusi untuk pakan hewan ternak, misalnya ayam. Selain menghemat biaya, daun pisang juga ternyata mempunyai sifat yang mudah dicerna hewan. Ini juga bisa memberikan pengaruh baik bagi pertumbuhan ayam petelur.

Mengobati Gigitan Serangga

Siapa sangka daun pembungkus kue ini bisa juga bertindak sebagai pengobat luka bekas gigitan serangga? Bahkan sejumlah senyawa yang terdapat pada daun pisang juga mampu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif akibat radikal bebas. Antioksidan alaminya juga berfungsi untuk proses penyembuhan gigitan serangga.

Menjaga Kesehatan Ikan Cupang

Manfaat selanjutnya dari daun pisang yang sudah kering yaitu untuk menjaga kesehatan ikan hingga meningkatkan kesuburan dan membantu pemulihan ikan saat terkena penyakit. Manfaat ini mungkin masih belum familiar akan tetapi banyak orang yang sudah membuktikan hal ini. Umumnya orang akan membersihkan daun pisang kerng terlebih dahulu lalu memasukkannya ke dalam kolam/wadah pembesaran burayak.

Mengatasi Masalah Setrika yang Lengket

Mungkin banyak yang belum tahu bahwa daun pisang nyatanya bisa mengatasi masalah setrika yang lengket. Namun untuk hal ini gunakanlah daun pisang segar atau yang masih hijau. Caranya, gosokkan daun pisang hijau tersebut ke permukaan setrika panas. Kandungan lilin pada daun pisang akan membuat setrika menjadi licin kembali.

Add a Comment