Kesalahan Saat Menghangatkan Makanan dengan Microwave

kesalahan menghangatkan makanan microwave

PrimaBerita – Menggunakan microwave memang terlihat cukup mudah, namun masih banyak orang yang melakukan kesalahan saat menghangatkan makanan dengan microwave loh.

Microwave menjadi alat dapur yang banyak orang gunakan saat ini karena mudah dan praktis. Alat ini dapat membantu meringankan pekerjaan di dapur. Karena memiliki peran penting untuk menghangatkan makanan.

Pasalnya, anda tidak perlu repot-repot menyalakan kompor dan mengambil wajan, microwave bisa menghangatkan makanan hanya dengan menekan tombolnya. Namun, banyak orang masih menggunakan microwave dengan salah.

Berikut  kesalahan yang paling sering saat menghangatkan makanan menggunakan microwave

Memanaskan Sekaligus

Amy Riolo, seorang chef ternama, mengatakan bahwa memasukkan semua makanan menjadi satu ke dalam microwave adalah suatu kesalahan besar yang sering orang lakukan. Riolo menyarankan untuk memisahkan bahan makanan berdasarkan jenis dan teksturnya terlebih dahulu sebelum memasukkannya ke microwave.

Karena memanaskan sekaligus dapat membuat beberapa bahan makanan terlalu matang dan bahan lainnya kurang matang.

Memanaskan Air dalam Gelas

Menurut Jim Mumford, beberapa orang kerap memanaskan segelas air dalam microwave. Ia mengatakan bahwa hal seperti ini dapat menyebabkan luka bakar yang serius.

Air memiliki titik didih pada 100 derajat Celcius. Sedangkan, kaca pada permukaan gelas tidak memiliki tempat untuk gelembung-gelembung mendidih terbentuk sehingga air dan gelas akan menjadi terlalu panas.

Hindari Memanaskan Makanan dalam Styrofoam

Bahan styrofoam tidak boleh anda gunakan untuk menghangatkan makanan dalam microwave. Karena styrofoam memiliki molekul plastik yang mungkin akan masuk ke dalam makanan jika terkena panas.

BPOM Amerika (FDA) juga telah mengingatkan untuk tidak menggunakan cangkir, mangkuk, piring atau wadah lain yang terbuat dari bahan serupa.

Memanaskan Makanan Berminyak

Memanaskan makanan tinggi minyak ke dalam microwave hanya akan membuat rasa makanan menjadi rusak.

Beberapa jenis minyak memiliki titik didih yang rendah sehingga akan mudah berasap dan gosong ketika terkena suhu panas. Sebaiknya, pisahkan makanan dengan saus atau minyaknya terlebih dahulu sebelum anda panaskan dengan microwave.

Menghangatkan Makanan Pedas

Heloise Bouse mengatakan banyak orang yang menghangatkan makanan pedas dengan microwave. Salah satunya cabai. Ternyata menghangatkan makanan bercita rasa pedas dalam microwave dapat mengeluarkan asap yang mengganggu.

Memanaskan cabai dan makanan yang memproduksi pedas dapat membuat asap pedas memenuhi dapur dan membuat mata sakit.

Mencairkan Buah Beku

Buah beku mungkin memiliki harga yang lebih murah dan lebih mudah untuk anda simpan jika anda bandingkan dengan buah segar. Tetapi mencairkan buah beku dengan memasukkannya ke dalam microwave adalah ide yang sangat buruk.

Cukup keluarkan dan simpan pada suhu ruang atau cairkan pada keran air yang mengalir. Memanaskan buah beku untuk mencairkannya akan membuat semuanya menjadi lebih berantakan.

Tidak Memeriksa Suhu Makanan

FDA merekomendasikan untuk memeriksa suhu pada bagian dalam makanan setidaknya 75 derajat Celcius. Beberapa orang mungkin yakin dengan makanannya setelah dipanaskan dengan microwave dan merasa itu sudah cukup. Untuk itu gunakan termometer untuk memeriksa suhu makanan.

Add a Comment