Ini Usia yang Tepat Untuk Menikah dan Alasannya

usia yang tepat menikah

PrimaBerita – Tidak sedikit orang memutuskan untuk segera menikah meski usianya masih belum pas. Seperti film, dongeng, dan buku yang mempromosikan pernikahan adalah puncak segalanya dan kebahagiaan dari segala sesuatunya yang membuat ada keharusan untuk menikah meski siap tidak siap. Ketahui usia yang tepat untuk menikah.

Hal tersebut membuat opini bahwa orang-orang yang menikah telat memiliki pernikahan yang lebih stabil ketimbang mereka yang menikah terlalu dini. Tren statistik menunjukkan pasangan yang menikah pada usia 20 tahun lebih rentan bercerai.

Usia yang Tepat Untuk Menikah dan Alasannya

Menurut sosiolog, Nicholas Wolfinger dari University of Utah, Amerika Serikat, usia yang tepat untuk menikah adalah pada rentang 28-32 tahun. Pada rentang tersebut pasangan lebih memiliki kesiapan secara fisik maupun emosional untuk membina rumah tangga.

Lebih lanjut, Wolfinger mengatakan bahwa ketika usia semakin matang dan merangkak naik melewati 30-an bukan jaminan juga akan lebih siap menghadapi gelombang badai rumah-tangga. Justru, usia yang melewati ambang 30-an rentan terhadap perpisahan karena sama-sama sudah terlalu mandiri.

Menurut Dr. Peter Pearson, Co-Founder dari Couples Institute, wanita yang memilih menikah pada usia 30-an cenderung lebih percaya diri dan merasa aman. Ketika berkomunikasi dengan pasangan bisa lebih kepada komunikasi dua arah dan bisa memberikan peranan lebih dalam rumah tangga. Sehingga, kecenderungan cekcok yang terjadi biasanya karena keegoisan dan merasa diri lebih benar dibanding pasangannya.

Perbedaan kebudayaan dan tempat tinggal ternyata juga memengaruhi tingkat kesiapan pernikahan. Sehingga, usia yang tepat untuk menikah terkadang bisa mengalami perubahan karena kondisi dan situasi.

Perbedaan pandangan mengenai pernikahan berbeda terjadi pada negara Perancis. Wanita-wanita Perancis menganggap pernikahan tidak perlu terburu-buru. Mereka berpendapat bahwa menikah sebaiknya ketika finansial dan kebutuhan emosional tidak menjadi isu. Justru, ketika seseorang merasa terpenuhi pada dua kebutuhan ini, maka orang yang tepat akan muncul

Sejatinya pernikahan adalah sesuatu yang sifatnya personal dan masing-masing orang memiliki timing yang berbeda. Usia yang tepat untuk menikah secara psikologi dan biologis memang berada pada angka 28-32 tahun.

Jika anda ingin segera menikah, pertimbangkan hal berikut ini :

Alasan yang Tepat

Jangan menjadikan usia dan tekanan sosial sebagai alasan untuk menikah buru-buru. Menikah karena tekanan bisa jadi membuat anda memenuhi target usia pernikahan, tetapi tidak dengan kualitas pernikahan. Walaupun seiring dengan perjalanan waktu akhirnya anda dan pasangan bisa menemukan kesamaan dan visi, tetap saja akan terasa berat ketika menjalani di awal.

Terlalu Pemilih

Terlalu pemilih juga bisa membuat anda tersesat dalam kriteria anda sendiri. Anda tidak akan pernah menemukan orang yang sesuai dengan harapan anda. Namanya juga manusia, pasti selalu ada kekurangannya. Justru menikahlah untuk saling melengkapi.

Add a Comment