Ini Bahayanya Anemia pada Ibu Hamil, Ketahui Segera

bahayanya anemia ibu hamil

PrimaBerita – Berbagai gangguan kesehatan mengintai ibu hamil, salah satunya adalah anemia. Penting untuk anda ketahui bahayanya anemia pada ibu hamil. Kondisi anemia pada ibu hamil merupakan salah satu kondisi yang cukup berbahaya.

Pasalnyanya, anemia dapat mengakibatkan gangguan kesehatan pada ibu maupun janin dalam kandungan. Anemia merupakan kondisi saat tubuh kekurangan sel darah merah.

Penyebabnya juga sangat beragam. Namun, anemia pada ibu hamil umumnya karena tubuh kekurangan zat besi. Kondisi ini menyebabkan tubuh tidak mampu menghasilkan hemoglobin.

Saat ini terjadi pada ibu hamil,  tubuh tidak dapat memproduksi sel darah merah yang sehat secara maksimal. Hasilnya, organ tubuh dan bayi dalam kandungan tidak mendapatkan oksigen secara optimal. Kondisi inilah yang membahayakan ibu maupun janin dalam kandungan.

Saat hamil tubuh membutuhkan sel darah merah lebih banyak untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi dalam janin. Ketika tubuh kekurangan zat besi, folat, dan beberapa nutrisi lainnya, maka tubuh akan kesulitan untuk memproduksi sel darah yang sehat. Kondisi ini menyebabkan ibu hamil mengalami anemia.

Bahayanya Anemia pada Ibu Hamil

Melansir Mayo Clinic, anemia yang disebabkan oleh kekurangan zat besi dan nutrisi lain saat kehamilan dapat mengakibatkan beberapa gangguan kesehatan. Bagi ibu, anemia dapat menyebabkan kelahiran prematur, depresi pasca persalinan, kesulitan mengatasi infeksi, hingga perdarahan saat menjalani persalinan.

Bagi janin dalam kandungan, anemia yang ibu hamil alami memicu kondisi berat badan yang rendah saat dilahirkan, gangguan tumbuh kembang dalam kandungan, hingga kematian janin sebelum maupun setelah persalinan.

Pencegahan Anemia pada Ibu Hamil

Penting bagi ibu hamil mengenali tanda-tanda anemia agar kondisi ini dapat segera anda atasi dengan baik. Saat ibu hamil mengalami anemia, biasanya ada beberapa gejala yang akan ia alami. Mulai dari kelelahan, kulit menjadi pucat, napas yang menjadi pendek, nyeri dada, pusing, sakit kepala, gangguan konsentrasi, hingga tangan yang menjadi lebih dingin.

Anemia pada ibu hamil dapat anda cegah. Memenuhi kebutuhan zat besi adalah cara terbaik sebagai pencegahan anemia pada ibu hamil. Perhatikan pola makan dan jenis makanan yang kamu konsumsi setiap harinya. Berikut ini jenis makanan yang baik untuk menambah zat besi saat menjalani masa kehamilan:

  • Daging merah tanpa lemak.
  • Sayuran dengan daun hijau tua, seperti brokoli, bayam, dan juga kangkung.
  • Tahu.
  • Kacang-kacangan.
  • Telur

Agar kandungan nutrisi dapat diserap lebih cepat oleh tubuh, sebaiknya penuhi kebutuhan vitamin C dalam tubuh. Selain itu, ibu hamil juga membutuhkan kandungan folat dan vitamin B12 agar terhindar dari anemia. Umumnya, dokter akan menambahkan beberapa suplemen agar kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan selama kehamilan dapat terpenuhi dengan baik.

Add a Comment