Demi Kesehatan, Ini Alasan Baju Baru Beli Harus Dicuci Sebelum Dipakai

baju baru beli

PrimaBerita – Ketika beli baju baru tidak sedikit orang yang langsung memakai tanpa menyucinya terlebih dahulu. Padahal jika demi kesehatan sebaiknya baju baru tersebut harus anda cuci.

Karena saat baju dalam proses pengemasan atau pengiriman biasanya beberapa produsen akan menggunakan pengawet untuk mencegah tumbuhnya jamur. Oleh sebab itu jika anda memiliki kulit yang tergolong sensitif maka bukan tidak mungkin bisa memunculkan ruam saat mengenakan baju yang terkontaminasi jamur.

Lantas mengapa baju yang baru beli harus dicuci dahulu sebelum dipakai? Melansir dari berbagai sumber, simaklah alasan-alasan berikut ini.

Pengawet Pakaian Bisa Memicu Alergi

Dermatitis kontak alergi merupakan reaksi paling umum yang terjadi pada kulit akibat bersentuhan dengan bahan kimia pengawet dari pakaian. Jika terkontak maka bisa menyebabkan ruam kulit dan bisa berlangsung selama berhari-hari bahkan berminggu. Jadi untuk berjaga-jaga siapatahu memiliki bahan pengawet, sebaiknya pakaian baru cuci terlebih dahulu.

Meminimalkan Resiko Alergi

Mencuci pakaian baru bisa meminimalkan resiko alergi. Seorang ilmuwan senior dari kelompok kerja lingkungan nirlaba yang telah menyelidiki penggunaan bahan kimia dalam industri tekstil mengatakan bahwa pakaian sering terbuat dengan bahan seperti perawatan kimia. Misalnya menggunakan penolak noda, pengencang warna, bahan anti kerut, maupun menggunakan peningkat kelembutan.

Oleh karenanya baju baru penting untuk anda cuci lebih dulu sebelum pemakaian. Alasannya untuk menghindari reaksi alergi kulit terhadap bahan-bahan kimia.

Bahaya Bahan Kimia Lain

Mungkin terdapat bahan kimia lain yang bisa memicu ruam alergi. Sebuah studi tahun 2014 menyebutkan sekelompok peneliti dari universitas Stockholm Swedia telah menguji sebanyak 31 sampel pakaian baru dari toko ritel.

Pakaian tersebut terdiri dari ragam warna, bahan, dan merk. Dalam penelitian mereka menemukan adanya sejenis senyawa kimia bernama quinoline atau salah satu turunannya. Kadar bahan kimia tersebut bahkan cenderung sangat tinggi pada pakaian poliester.

Jadi sekalipun anda sangat bahagia ketika baju pesanan telah sampai, alangkah lebih baik melakukan pencegahan.

Baca Selanjutnya: 7 Tips Mudah Memilih Baju Bayi Baru Lahir Dengan Tepat

Add a Comment