Cara Penularan Sakit Tipes yang Perlu Anda Ketahui

cara penularan sakit tipes

PrimaBerita – Tipes (tifus) atau demam tifoid adalah penyakit yang dapat menyerang siapa saja, baik anak-anak maupun orang dewasa. Namun tahukah anda cara penularan sakit tipes?.

Seseorang yang sakit tipes akan terus membawa bakteri penyebab tipes, Salmonella typhi dalam tubuhnya.  Oleh karena itu, orang yang sakit tipes akan berisiko tinggi menularkan penyakit yang sama pada orang lain, terutama jika tidak kunjung mendapat pengobatan tifus.

Meskipun begitu, cara tipes menular dari satu orang ke orang lain belum tentu sama. Lewat beragam cara, bakteri Salmonella typhi akan masuk ke tubuh Anda, lalu masuk ke saluran pencernaan dan ikut terserap ke dalam aliran darah.

Bakteri yang ada dalam darah kemudian dapat menuju hati, limpa, dan sumsum tulang untuk berkembang biak di sana dan kembali lagi memasuki aliran darah. Koloni bakteri yang semakin berlipat ganda ini kemudian akan masuk lagi ke dalam sistem pencernaan.

Penyebaran penyakit tipes dapat terjadi kapan saja, tapi paling sering pada musim yang cuacanya panas. Cuaca panas adalah kondisi yang ideal untuk bakteri Salmonella typhi berkembang biak.

Ketika Anda terinfeksi Salmonella typhi, Anda mungkin akan merasakan gejala tipes. Gejala-gejala itu berupa demam, pusing, sakit perut, hingga mual.

Berikut cara penularan sakit tipes yang perlu Anda ketahui:

Makanan dan minuman

Tipes dapat menular dari kebiasaan makan dan minum yang kurang bersih seperti berikut ini:

  • Konsumsi air minum yang kotor, mentah, dan telah terkontaminasi bakteri Salmonella typhi dapat membuat Anda terkena tipes.
  • Menggunakan air yang terkontaminasi bakteri Salmonella typhi untuk membilas atau mencuci bahan makanan dan peralatan masak serta perlengkapan makan.
  • Konsumsi makanan mentah atau kurang matang, seperti daging steak rare/medium rare, sushi dan sashimi, seafood setengah matang, telur setengah matang, atau salad sayur yang tidak jelas cara mengolahnya.
  • Menyantap makanan atau minuman dari sumber yang telah terkontaminasi Salmonella typhi juga dapat membuat Anda terkena tipes. Misalnya, air mentah dari sungai yang terkontaminasi, daging mentah, atau kerang-kerangan yang terkontaminasi.

Menyentuh barang yang terkontaminasi

Ketika Anda menyentuh toilet atau permukaan benda lain yang telah terkontaminasi oleh feses orang pengidap tipes, kemudian Anda tidak cuci tangan.

Secara tidak sadar mungkin anda menyentuh mulut atau memasukkan sesuatu ke dalam mulut. Akibatnya, bakteri Salmonella typhi ikut masuk dan menginfeksi tubuh Anda.

Kontak dengan orang yang pernah terinfeksi

Pusat pengendalian dan pencegahan penyakit Amerika Serikat, CDC, menyebutkan bahwa bakteri Salmonella typhi tidak bisa hidup pada tubuh hewan. Penyakit ini hanya bisa menular dari manusia ke manusia.

Orang yang sudah sembuh dari tifus bisa saja masih menyimpan bakteri Salmonella typhi hingga bertahun-tahun atau karier tipes. Anda dapat tertular tipes juga melakukan kontak dengan karier tipes.

Misalnya, Anda yang sehat makan makanan atau minum minuman yang telah pasien tipes sentuh. Bakteri penyebab tipes bisa menular lewat aktivitas tersebut, terlebih jika ia tidak mencuci tangan sehabis dari toilet, lalu mengolah makanan itu.

Hubungan seks oral dan anal

Anda bisa saja tertular tipes apabila berhubungan intim dengan penderita tipes. Bakteri Salmonella typhi yang terdapat dalam lubang anus si pembawa dapat berpindah ke mulut partner seksnya ketika lubang anusnya dirangsang dengan lidah (rimming).

Add a Comment