Cara Mudah Hilangkan Gatal Akibat Ulat Bulu

gatal akibat ulat bulu

PrimaBerita – Rasa gatal dan ruam bisa timbul pada kulit akibat ulat bulu. Tentu untuk mengatasinya anda perlu mencari tahu bagaimana cara menghilangkan rasa gatal tersebut. Karena jika tidak tertangani dengan baik bisa menghambat aktivitas anda selanjutnya.

Paparan bulu dari ulat atau yang biasa diistilahkan dengan satae dapat memicu respons kekebalan tubuh yang terlalu aktif pada sebagian orang. Sistem kekebalan tubuh juga akan membanjiri tubuh dengan senyawa pro-inflamasi bernama histamin. Senyawa ini mampu memicu serangkaian gejala alergi yang akan memengaruhi kulit, mata, bahkan hingga saluran pernafasan.

Menurut laman Very Well Health, menyentuh ulat bulu dapat menyebabkan sensasi terbakar, bengkak, dan juga kemerahan pada kulit. Bahkan bisa juga merasakan gatal akibat menyentuh ulat bulu.

Biasanya gejala-gejala tersebut akan muncul setelah beberapa menit tersengat dan berlangsung selama 1 hari atau lebih sejak terkena ulat bulu. Maka jika sudah terlanjur menyentuh ulat bulu sebaiknya hindari menyentuh mata. Pasalnya bisa menimbulkan reaksi yang lebih serius lagi, misalnya bersin, batuk, pilek, mata merah, maupun sesak nafas. Kendati demikian seutuhnya ada cara untuk menghilangkan rasa gatal akibat ulat bulu.

Cara Menghilangkan Gatal Akibat Ulat Bulu

Pada umumnya reaksi akibat paparan ulat bulu tidak memerlukan penanganan yang amat serius. Karena anda yang terpapar ulat bulu bisa menanganinya sendiri di rumah.

Langkah pertama yang perlu anda ketahui yakni hilangkan ulat bulu yang tersisa atau yang masih menempel pada permukaan kulit anda. Dalam hal ini tempelkan saja selotip ke bagian kulit yang terpapar untuk mempermudah anda. Cabutlah semua bulu-bulu.

Sesudah itu basuh kulit anda menggunakan air mengalir dan sabun. Oleskan juga krim steroid ringan. Namun apabila anda rasa perih maka kompres dengan es batu selama kurang lebih 15 menit. Cara ini biasanya dapat membantu anda untuk menghilangkan rasa nyeri. Akan tetapi jika pembengkakan terjadi secara ekstrem dengan disertai gejala pernafasan maka segeralah pergi ke dokter. Sengatan ulat bulu bisa terjadi kepada siapa saja.

Add a Comment