Cara Agar Anda Tidak Terpapar Virus Corona B117

cara tidak terpapar corona

PrimaBerita – Saat ini virus corona B117 yang pertama kali muncul di Inggris telah masuk ke Indonesia. Ilmuan telah menyatakan bahwa varian virus corona B117 yang dikenal karena susunan molekulernya. Lalu bagaimana cara agar tidak terpapar virus corona B117 ini?.

Dokter dan ahli pulmonologi dari RSUPN Dr Cipto Mangunkusumo, Eric Daniel Tenda mengungkapkan untuk menekan risiko penularan strain baru tersebut, perlu melakukan genomic surveilans untuk mendeteksi varian Covid-19 baru tersebut.

“Kami butuh lebih banyak data untuk mempelajari tentang varian baru ini. Ini akan sangat membantu pemerintah untuk mengonfirmasi strain baru dan juga efektivitas public health-nya,” katanya

Selain dari pemerintah, Eric juga menyarankan untuk tetap menaati protokol kesehatan.

“Apa yang bisa kita lakukan? Lanjutkan protokol kesehatan,” lanjutnya.

“Pakai masker, jaga jarak, cuci tangan dengan benar di air mengalir dan bukan hanya hand rub, vaksin secepatnya kalau memang sudah jadwalnya, dan protokol kesehatan harus dijalankan.”

Mengutip dari berbagai sumber, Berikut beberapa cara tidak terpapar virus corona B117 :

Mencuci tangan

Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit AS (CDC) merekomendasikan agar selalu menjaga kebersihan dengan selalu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir selama 20 detik.

Selain itu, Anda juga bisa pakai hand sanitizer yang mengandung setidaknya 6 persen alkohol jika tidak ada air dan sabun.

Mencuci tangan dapat mengurangi risiko terjadinya infeksi. Perlu anda ketahui bahwa mencuci dan membersihkan tangan dapat anda lakukan saat melepas masker, sebelum menyentuh hidung, mata, dan mulut.

Gunakan masker rangkap

CDC menyebut pemakaian masker rangkap dapat meningkatkan efektivitas pencegahan penularan virus corona penyebab Covid-19.

Studi CDC menemukan penggunaan masker rangkap dapat menghalangi 92,5 persen partikel yang berpotensi menular.

Namun, tidak semua masker bisa anda gunakan secara rangkap. Masker rangkap hanya boleh anda lakukan dengan menggunakan masker medis dan masker kain.

CDC menyarankan beberapa cara meningkatkan efektivitas masker :

– pilih masker dengan kawat hidung
– gunakan mask filter atau brace
– periksa apakah masker sudah pas pada hidung, dagu, dan mulut
– gunakan masker kain dan medis secara bersamaan
– ikat simpul tali masker untuk meningkatkan efektivitas

Tetap dalam rumah

Untuk mengurangi risiko tertular, tetaplah dalam rumah jika tidak dalam keadaan darurat.

Upaya untuk mempraktikkan jaga jarak juga harus tetap anda terapkan setiap kali harus berkegiatan di luar rumah sebagai cara tak tertular corona B117.

Vaksinasi

Vaksinasi menjadi upaya yang bisa membantu adanya lonjakan virus yang berulang. Hal ini juga membantu mencapai kekebalan kelompok lebih dekat, dan bisa mengurangi keparahan infeksi.

Selain itu, ahli menyarankan untuk segera vaksinasi jika sudah tersedia. Saat ini, upaya vaksinasi berlangsung secara bertahap dengan kelompok prioritas dan kelompok yang rentan.

Add a Comment