Bisa Lebih Hemat, Ini Tips Menjernihkan Minyak Goreng Bekas

tips menjernihkan minyak goreng bekas

PrimaBerita – Agar lebih hemat, terdapat beberapa hal sebagai tips untuk menjernihkan minyak goreng bekas pakai. Minyak goreng bekas pakai adalah sisa minyak goreng dari hasil kegiatan memasak yang sebenarnya masih bisa dipergunakan lagi. Hanya saja tidak disarankan untuk memakai minyak goreng bekas secara berulang.

Seperti diketahui, minyak goreng adalah minyak atau lemak yang berasal dari pemurnian bagian tumbuhan, hewan, atau proses sintetik pemurnian yang secara umum berfungsi untuk menggoreng makanan. Biasanya minyak masakan atau minyak goreng berbentuk cair dalam suhu kamar.

Melansir dari wikipedia, minyak goreng bisa tergunakan hingga 3 atau 4 kali penggorengan. Saat menggunakannya secara berulang maka minyak akan berubah warna. Bahkan setelah penggorengan yang berkali-kali, asam lemak yang terkandung dalam minyak juga akan semakin jenuh. Namun bagi anda yang ingin menggunakan minyak goreng lebih dari 1 kali, berikut ini ada sederet tips untuk menjernihkan minyak goreng bekas pakai.

Tips Menjernihkan Minyak Goreng Bekas

Endapkan Selama Semalaman

Cara ini sebenarnya paling mudah untuk anda lakukan. Namun teknik ini biasanya pada bekas minyak usai menggoreng bahan makanan yang berbalut banyak tepung. Biarkanlah sisa minyak dalam sebuah wadah selama semalaman sampai sisa tepung mengendam dengan sempurna.

Manfaatkan Kentang

Kentang ternyata bisa menjernihkan kembali minyak goreng. Namun penerapannya sedikit lebih sulit ketimbang membiarkan endapan selama semalaman. Kupas kentang terlebih dahulu kemudian potong-potong kentang menjadi beberapa bagian yang sama rata. Setelah itu masukkan ke dalam minyak yang masih panas. Aduk sesekali kentang secara keseluruhan sampai remah minyak menempel pada kentang. Namun pastikan pula kentang jangan sampai gosong.

Menggunakan Segenggam Nasi

Anda juga bisa memanfaatkan cara seperti ini. Setelah selesai menggoreng cobalah biarkan sebentar minyak tersebut sampai tidak terlalu panas. Lalu ambil segenggam nasi, kepalkan padat. Sesudah itu segera masukkan ke dalam minyak. Bolak-balik dan tekan nasi sampai semua kotoran atau remah menempel pada nasi. Minyak goreng pun bisa jernih kembali.

Lakukan Penyaringan dengan Kulit Pisang

Selain memanfaatkan kentang dan nasi, kulit pisang juga bisa anda manfaatkan untuk menjernihkan minyak bekas pakai. Caranya yaitu letakkan kulit pisang ke dalam saringan. Lalu letakkan pula sebuah wadah pada bagian bawahnya. Tunglah minyak goreng ke atas saringan dan biarkan minyaknya turun ke wadah dengan sendirinya. Kulit pisang bisa memisahkan kotoran atau sisa penggorengan dari minyak goreng.

Add a Comment