7 Makanan Tinggi Protein Untuk Menurunkan Berat Badan

makanan tinggi protein

PrimaBerita – Dalam program penurunan berat badan dan membentuk otot, protein menjadi kunci penting. Ada beberapa makanan tinggi protein untuk menurunkan berat badan yang bisa anda coba.

Hal ini karena protein dapat membantu tubuh kenyang lebih lama sehingga mencegah makan berlebihan. Makanan tinggi protein juga memiliki dapat membantu membangun jaringan tubuh.

Berikut 7 Makanan Tinggi Protein Untuk Menurunkan Berat Badan

1. Telur

Telur kaya akan protein, vitamin, mineral, lemak sehat, dan antioksidan. Kandungan ini juga baik untuk menutrisi otak dan melindungi mata.

Sebutir telur mengandung 6 gram protein dan 78 kalori. Kandungan protein paling tinggi ada pada bagian putih telur. Cara paling baik menikmati protein telur adalah dengan merebusnya. Sesuaikan tingkat kematangan telur dengan selera. Sebaiknya jangan goreng telur karena minyak untuk menggoreng mengandung lemak jenuh sehingga dapat menghambat program anda.

2. Dada Ayam

Dada ayam adalah salah satu makanan tinggi protein paling banyak orang gemari. Mengutip dari Health Line, dada ayam memiliki kandungan protein sebesar 53 gram dan hanya terdiri dari 284 kalori.

Selain protein, dada ayam juga mengandung vitamin B6 dan mineral yang baik bagi kesehatan tubuh.

Konsumsi dada ayam dengan membuang bagian kulitnya karena mengandung lemak. Mudah untuk anda masak dan sajikan dengan berbagai cara.

3. Susu

Susu merupakan sumber protein berkualitas tinggi dan kaya akan kalsium, fosfor, dan vitamin. Selain itu susu juga kaya akan omega-3 yang baik untuk menurunkan risiko diabetes dan penyakit jantung serta meningkatkan kesehatan tulang.

Kandungan protein dalam secangkir susu sapi berkisar 8 gram, sementara kandungan protein dalam susu kedelai mencapai 6,3 gram. Pilihlah susu rendah lemak untuk membantu menurunkan berat badan.

4. Brokoli

Brokoli termasuk dalam genus Brassica oleracea, yang masih satu keluarga dengan kubis, kangkung, dan kembang kol. Kandungan protein pada satu cangkir brokoli mencapai 96 gram protein dan 31 kalori. Sayur ini  juga mengandung vitamin dan mineral yang dapat melindungi tubuh dari kanker.

Usahakan tidak terlalu lama saat memasak brokoli agar kandungan vitamin dan mineral dalamnya tidak hilang.

5. Ikan

Kandungan protein pada ikan bervariasi tergantung jenis ikan. Ikan tuna misalnya memiliki kandungan protein sebanyak 27 gram.

Ikan juga kaya akan nutrisi seperti protein dan vitamin D. Selain itu, ikan merupakan sumber asam lemak omega-3 yang penting bagi tubuh dan otak serta mencegah serangan jantung dan stroke.

6. Olahan Kedelai

Tahu dan tempe mengandung protein, asam amino, vitamin, dan mineral. Asam amino merupakan senyawa penting pembentukan protein dalam tubuh.

Mengonsumsi olahan kedelai ini baik untuk kesehatan terutama membantu mencegah serangan jantung, kanker, dan diabetes.

Hindari mengonsumsi dengan cara menggoreng untuk mengurangi efek lemak jenuh. Sebaiknya rebus atau kukus.

7. Selai kacang

Pilihlah selai kacang alami atau yang anda buat sendiri untuk mencegah bahan-bahan lain yang tidak tubuh butuhkan. Membuat selai kacang sendiri bisa anda lakukan dengan dengan menggiling kacang tanah yang sudah anda sangrai lalu menambahkan sedikit garam. Selai kacang ini kaya akan protein, serat, dan magnesium.  Satu sendok selai kacang mengandung 7 gram protein dan 161 kalori.

Add a Comment