5 Manfaat Minum Secangkir Teh di Pagi Hari

manfaat minum teh

PrimaBerita – Kebiasaan minum secangkir teh di pagi hari ternyata bisa menuai manfaat bagi tubuh manusia. Manfaat tersebut bisa kita peroleh karena kandungan teh yang menutrisi tubuh.

Teh adalah minuman yang mengandung kafeina atau sebuah infusi yang cara membuatnya dengan proses penyeduhan. Teh yang berasal dari tanaman teh juga terbagi ke dalam 4 golongan jenis yaitu teh hitam, teh hijau, teh oolong, serta teh putih. Dan mungkin teh yang paling sering kita temui yaitu teh hijau dan teh hitam.

Pun demikian teh saat ini seringkali menjadi salah satu jenis minuman yang digemari oleh orang banyak. Biasanya orang-orang akan mengonsumsi teh pada pagi hari sebelum memulai aktivitas.

Melansir dari berbagai sumber, berikut ini terdapat rangkuman manfaat dari kebiasaan minum secangkir teh saat pagi hari.

5 Manfaat Minum Teh

  • Mengusir Stres

Tahukah anda bahwa meminum teh ternyata dapat mengusir stres? Sebuah penelitan hasil publikasi jurnal Psychopharmacology mengungkapkan bahwa orang yang mengonsumsi teh lebih mampu hilangkan stres lebih cepat. Namun sebagai saran dalam hal ini sebaiknya teh yang terseduh secara manual, bukan teh dalam kemasan.

  • Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi

Kombinasi kafein, L-theanine dan asam amino alami dalam teh mampu meningkatkan daya ingat serta fokus. Jadi mengonsumsi teh sebelum memulai aktivitas harian dipercaya dapat meningkatkan konsentrasi lebih baik.

  • Mengurangi Resiko Stroke dan Serangan Jantung

Terdapat sebuah penelitian dari Boston University School of Medicine yang menunjukkan bahwa mengonsumsi teh hitam selama 4 minggu dapat mengurangi penyumbatan saluran arteri koroner hingga 70%. Manfaat ini pun terjadi karena teh mengandung flavonoid.

  • Menurunkan Kolesterol

Teh hitam bisa anda konsumsi. Dengan mengonsumsi jenis teh hitam maka sudah membantu anda dalam menurunkan kadar kolesterol untuk orang dewasa. Dalam sebuah jurnal juga menyebut minum 5 gelas teh hitam per hari mampu menurunkan kolesterol sebanyak 6,5%.

  • Mencegah Kanker

Selain manfaat-manfaat tersebut, teh juga berfungsi untuk mencegah penyakit kanker. Para peneliti dari Universitas Rutgers bahkan mengidentifikasi senyawa yang terdapat pada teh hitam, theaflavin-3′-monogallate atau TF-2. Senyawa ini mampu menyebabkan sel kanker kolorektal untuk hancur sendiri tanpa merusak sel-sel normal.

Add a Comment