Waspadai ! Tanda Tubuh Terlalu Banyak Konsumsi Gula

Tanda Tubuh Banyak Gula

PrimaBerita – Salah satu sumber gizi yang tubuh butuhkan adalah gula . Namun gula yang berlebihan pada tubuh bisa memberikan dampak bagi kesehatan. Kenali segera tanda tubuh terlalu banyak konsumsi gula.

Akibat terlalu banyak mengkonsumsi gula ada banyak risiko penyakit yang bisa menghampiri, misalnya diabetes hingga jantung. Untuk itu, Kementerian Kesehatan menyarankan asupan gula harian setiap orang adalah 4 sendok makan atau sekitar 50 gram per hari.

Berikut Tanda Tubuh Terlalu Banyak Konsumsi Gula :

Sulit Tidur

Sulit tidur menjadi tanda tubuh terlalu banyak konsumsi gula. Pasalnya, saat seseorang makan dan minum dengan kandungan gula yang tinggi bisa meningkatkan energi dalam tubuh sehingga tubuh sulit untuk beristirahat.

Kecanduan Makanan Manis

Tanda tubuh terlalu banyak konsumsi gula yang terakhir adalah rasa adiksi terhadap makanan manis. Hal itu sesuai dalam studi tahun 2019 bahwa kelebihan gula berkaitan dengan aktivasi jalur neural reward.

Perut Kembung

Melansir Harpers Bazaar, bakteri jahat senang mengonsumsi gula dan menghasilkan gas dalam tubuh. Kondisi ini pun menyebabkan rasa tidak nyaman hingga sakit pada perut.

Muncul Jerawat

Ciri orang kebanyakan gula yang lain adalah munculnya jerawat. Medical News Today melaporkan berdasarkan studi tahun 2018 orang yang mengonsumsi minuman manis selama tujuh kali setiap minggunya memiliki risiko munculnya jerawat moderat dan berat.

Berat Badan Naik

Menurut profesor kedokteran pada Emory School of Medicine, Sharon Bergquist kelebihan glukosa yang anda konsumsi dari gula tersimpan pada otot dan hati. Kemudian, bila simpanan tersebut sudah maksimal akan diubah menjadi lemak dan menyebabkan kenaikan berat badan.

Badan Lemas

Menurut ahli diet di New York, Laura Burak, konsumsi gula tanpa dukungan serat, lemak, dan protein bisa membuat insulin lebih cepat berfungsi dalam menstabilkan kadar gula darah. Akibatnya, kadar gula darah akan turun dengan cepat juga dan membuat penurunan energi dalam tubuh sehingga tubuh merasa lemas.

Penuaan Dini

Penuaan ini bisa terjadi akibat terlalu banyak mengonsumsi gula dalam jangka waktu yang lama. Sebab, hal itu bisa merusak protein, kolagen, dan elastin kulit sehingga menyebabkan kerutan serta garis-garis halus pada kulit.

Add a Comment