Tanda Seseorang Mengalami Mental Breakdown

tanda mental breakdown

PrimaBerita – Ada beberapa hal yang menjadi tanda ketika seseorang mengalami mental breakdown. Istilah mental breakdown sendiri mengarah pada kondisi stres mental atau emosional yang esktrim. Ketika mengalami mental breakdown, seseorang menjadi tidak bisa beraktivitas normal seperti biasanya. Oleh karena itu anda perlu mengenali tanda dan penyebabnya supaya bisa mawas diri.

Tanda Seseorang Mengalami Mental Breakdown

  • Kurang Tidur atau Tidur Terlalu Lama

Kekurangan tidur dan tidur terlampau lama merupakan dua hal yang bisa berdampak bagi kesehatan tubuh. Apalagi bila anda memikirkan hal-hal yang membuat khawatir saat sedang insomnia. Dan kemungkinan sebagian dari anda tidak menyadari bahwa kedua hal tersebut sebagai tanda dari mental breakdown. Oleh karenanya cobalah mengupayakan untuk tidur yang berkualitas.

  • Kurang Menjaga Kebersihan

Kurang menjaga kebersihan diri menjadi tanda yang paling menonjol dari kondisi mental breakdown. Karenanya anda merasa tidak memiliki energi untuk hal itu, bahkan sampai menganggapnya tidak begitu penting. Jika demikian sebaiknya anda perlu waspada bila kemalasan untuk merawat diri sedang melanda.

  • Makan Tidak Seperti Biasanya

Mungkin suatu kali anda merasa bahwa sebuah hal membawa anda untuk bernafsu makan terlalu banyak atau justru sebaliknya. Jika ini terjadi mungkin telah menjadi salah satu tanda dari mental breakdown. Karena biasanya makan terlalu banyak bisa berlangsung selama berhari-hari.

  • Isolasi Sendiri

Terlepas dari seorang introvert atau ekstrovert, jika anda mulai menghindari dari teman dan hal ini terjadi tidak seperti biasanya maka ini juga bisa jadi pertanda. Orang yang mengalami mental breakdown bisa mengisolasi dari siapapun hingga menolak ajakan hangout teman-teman.

  • Mengalami Sakit Kepala

Saat mengalami mental breakdown maka seseorang bisa juga mengalami migrain maupun sakit kepala. Terlebih ketika sudah mengalaminya selama berhari-hari.

  • Kesulitan Berkonsentrasi

Selain hal-hal tersebut, tanda lainnya yaitu menjadi sulit berkonsentrasi. Ingatan pun menjadi tidak tajam sehingga berdampak pada aktivitas sehari-hari.

Penyebab Mental Breakdown

Faktor penyebab mental breakdown bisa terjadi karena hal-hal berikut.

1. Stres karena masalah finansial

2. Stres akibat pekerjaan

3. Penyakit kronis

4. Tidak mampu bersantai

5. Mengalami peristiwa traumatis

Add a Comment