Sering Diabaikan ! Ini Tanda-tanda Penyakit Tipes yang Perlu Diketahui

tanda-tanda penyakit tipes

PrimaBeritaSistem imun yang lemah dan kondisi cuaca yang tidak menentu dapat memudahkan bakteri penyebab tipes masuk ke dalam tubuh. Sebaiknya ketahui tanda-tanda penyakit tipes yang sering diabaikan.

Penyakit tipes dalam pengertian adalah demam typhoid yang penyebabnya adalah bakteri Salmonella typhi. Biasanya bakteri ini menyebar melalui makanan atau air yang terkontaminasi. Kemudian, bakteri akan masuk ke saluran pencernaan dan bertambah banyak.

Tipes yang dikenal sehari-hari berbeda dengan typhus, infeksi mematikan yang disebabkan oleh bakteri Rickettsia.

Merangkum dari berbagi sumber, Tanda-tanda Penyakit Tipes yang Sering Diabaikan :

Demam

Demam merupakan ciri-ciri penyakit tipes yang akan anak-anak maupun orang dewasa alami. Saat mengalami demam suhu tubuh akan mencapai 39,4 atau 40 derajat celcius. Biasanya, demam akan ikut serta dengan sakit kepala, lemas, hingga menggigil.

Diare

Penyakit tipes juga berdampak pada saluran pencernaan, bisa diare atau konstipasi (sembelit). Jika sudah mengalami gejala ini, segera periksakan ke dokter untuk penanganan yang lebih serius.

Mual dan muntah

Salah satu ciri-ciri penyakit tipes yang umum adalah mengalami mual dan muntah. Setelah mengalami kondisi ini, biasanya orang akan merasa lemas dan hanya ingin berbaring.

Nafsu makan berkurang

Orang yang menderita sakit tipes akan mengalami hilangnya nafsu makan. Sehingga jenis makanan apa saja tidak mau untuk dikonsumsi.

Namun, orang yang menderita penyakit tipes harus tetap makan untuk membantu penyembuhan. Beberapa makanan yang baik untuk anda konsumsi saat tipes seperti jus buah, roti, perbanyak air putih, serta sayur-sayuran yang anda masak seperti wortel, kentang, bit, dan labu.

Batuk kering

Batuk kering merupakan salah satu ciri-ciri penyakit tipes yang biasa terjadi pada minggu awal. Untuk membantu pemulihan, perbanyak minum air putih untuk menghindari dehidrasi.

Lidah

Warna lidah bisa menentukan seseorang sedang mengalami gejala tipes. Umumnya, lidah berwarna merah tetapi pada orang yang mengalami penyakit tipes akan berwarna putih. Sedangkan, pinggirannya merah dan saat menjulurkan lidah akan gemetar (tremor).

Ruam merah

Ciri-ciri penyakit tipes dan DBD biasanya tampak sama melalui ruam merah. Meski tampak luarnya hampir sama, untuk memastikannya harus diperiksakan ke dokter.

Add a Comment