Penderita Asam Lambung? Hindari 7 Makanan Ini

penderita asam lambung

PrimaBerita –  Asam lambung atau refluks merupakan suatu penyakit yang terjadi saat asam lambung atau empedu mengalir ke saluran makanan dan membuat iritasi dinding bagian dalam. Bagi anda penderita asam lambung, sebaiknya hindari makanan ini.

Mengutip berbagai sumber, berikut makanan yang perlu dihindari penderita asam lambung :

Makanan Tinggi Lemak

Makanan tinggi lemak seperti gorengan menyebabkan malfungsi lower esophageal sphincter (LES) atau lingkaran otot bagian bawah esofagus.

Esofagus yang tidak berfungsi atau kinerjanya lemah dapat mengakibatkan asam lambung naik kembali dari perut ke kerongkongan.

Kemudian, terlalu banyak konsumsi gorengan atau sejenis makanan tinggi lemak lainnya, berpotensi menghambat pengosongan lambung.

Beberapa makanan tinggi lemak berikut juga sebaiknya anda hindari, antara lain:

  • Produk susu berlemak seperti mentega, susu murni, keju, dan krim asam.
  • Jeroan daging sapi, babi, atau daging domba berlemak.
  • Lemak bacon, lemak ham, dan lemak babi.
  • Makanan bersantan.

Buah Sitrus

Golongan buah sitrus yang mempunyai nutrisi esensial serta penting sebagai asupan dalam makanan ternyata bisa saja menyebabkan gejala refluks, terutama pada buah yang sangat asam. Jika sering mengalami refluks asam, Anda harus mengurangi atau menghentikan asupan jenis buah berikut:

  • Jeruk
  • Nanas
  • Tomat
  • Cabai

Cokelat

Cokelat ternyata menyimpan kandungan bahan yaitu methylxanthine. Methylxanthine dalam cokelat berpotensi melemahkan kinerja otot pengendali asam lambung pada esofagus, yang kemudian memicu refluks.

Apabila mengonsumsi cokelat dalam batas wajar, bisa saja tidak terlalu berdampak. Namun sebaiknya tidak berlebihan hingga mengakibatkan gangguan lambung.

Bawang dan Makanan Pedas

Makanan yang menyebabkan asam lambung naik berikutnya adalah bawang putih, bawang bombay, dan makanan dengan tingkat kepedasan yang tajam.

Bagi sebagian orang, konsumsi makanan yang kental akan bumbu serta pedas bisa mengakibatkan sakit perut hingga heartburn atau efek terbakar pada perut. Jika mengalami reaksi heartburn, ini menjadi tanda-tanda bahwa produksi asam lambung mulai meningkat.

Kafein

Banyak kasus penderita maag mengeluh asam lambung naik setelah mengonsumsi minuman berkafein. Selain harus anda hindari, minuman kafein seperti kopi, teh, dan soda ini bersifat asam, sehingga sangat berpotensi membuat asam lambung naik dan maag.

Daun Mint

Kandungan daun mint dalam makanan atau minuman memang sering kali memberi efek yang menyegarkan. Akan tetapi, daun mint sebenarnya cukup sensitif untuk lambung. Bahkan, sangat tidak disarankan bagi penderita GERD untuk mengonsumsi daun mint.

Reaksi daun mint jika dikonsumsi oleh penderita GERD adalah memisahkan esofagus dari lambung, yang membuat aliran balik asam lambung ke esofagus meningkat lebih berbahaya.

Roti

Roti tertentu seperti roti tawar dapat merangsang gejala asam lambung naik karena kandungan ragi yang berfungsi sebagai pengembang.

Selain itu, ragi dalam roti juga mengakibatkan adanya produksi gas berlebih dalam lambung, yang menyebabkan reaksi refluks asam. Meskipun roti tawar kurang tepat dikonsumsi penderita asam lambung, seseorang masih bisa menggantinya dengan roti gandum.

Add a Comment