Latih Diri, Ini Cara Untuk Bisa Berhenti Merokok

cara berhenti merokok

PrimaBerita – Ada banyak cara sebenarnya yang bisa anda lakukan untuk bisa berhenti merokok. Bahkan jika anda memiliki niat untuk melakukan hal ini merupakan sebuah ide yang sangat bagus. Karena selain bermanfaat untuk kesehatan yang lebih baik, menghentikan aktivitas merokok juga bisa melonggarkan masalah finansial.

Namun tak bisa dipungkiri pula bahwa niat yang tak dibarengi dengan usaha maksimal adalah hal yang sia-sia. Seringkali orang gagal untuk berhenti merokok. Tentu karena ada pemicunya. Berikut beberapa pemicu yang bisa saja muncul yaitu:

  1. Lingkungan sekitar masih banyak yang merokok atau kebijakan kawasan tanpa rokok belum berjalan optimal
  2. Harga rokok masih terjangkau bagi masyarakat
  3. Mudahnya mendapatkan rokok
  4. Efek candu

Meski demikian yang perlu diingat saat akan berhenti dari kebiasaan merokok harus dilakukan secara bertahap, mulai dari tekad hingga kesabaran. Nantinya bila serangkaian hal tersebut sudah bisa anda jalankan dengan baik maka apapun godaan sekitar anda sudah mampu menangkalnya secara bijak. Untuk membantu anda, cobalah perhatikan sederet langkah berikut. Karena kemungkinan ini bisa jadi jalan keluar anda menghindari kebiasaan buruk merokok.

Cara Untuk Bisa Berhenti Merokok

  1. Lakukan pengolaan stres yang baik, misalnya menghindari situasi yang mendatangkan stres, mendengarkan musik, yoga, dan juga pijatan-pijatan lembut karena beberapa cara itu mampu meredakan ketegangan.
  2. Cobalah hindari pemicu dengan sedapat mungkin mengurangi aktivitas berkumpul dengan sesama perokok atau peminum kopi dll.
  3. Upayakan selalu rutin berolahraga.
  4. Rajin membersihkan rumah, terutama membersihkan rumah dari aroma rokok. Tidak ada salahnya mencuci sprei, sarung bantal, karpet, tirai, maupun pakaian.
  5. Menerapkan pola makan yang sehat dan teratur.
  6. Lakukan terapi perilaku dengan bicara pada konselor dalam sesi psikoterapi.
  7. Pikirkan keuntungan dari berhenti merokok. Misalnya hemat dalam pengeluaran, hilangnya bau mulut akibat rokok, serta memberikan contoh yang baik kepada anak-anak anda supaya tak mengikuti kebiasaan anda.
  8. Beritahu kerabat atau lingkaran pertemanan bahwa anda sedang dalam proses memberhentikan kebiasaan anda dari merokok.

Baca Selanjutnya: Kecanduan Merokok ? Ini 4 Makanan Untuk Membantu Berhenti Merokok

Add a Comment