Ini Jenis Makanan yang Bisa Bikin Anda Bahagia

makanan bisa bikin bahagia

PrimaBerita – Kebahagian bisa anda dapatkan dari banyak hal. Mulai dari melakukan kesukaan anda seperti hobi, olahraga atau aktivitas lainnya. Namun anda perlu anda ketahui ada jenis makanan yang bisa bikin anda bahagia lebih tepatnya bisa memperbaiki suasana hati.

Bagi anda yang memiliki suasana hati yang buruk hari ini, anda bisa mengonsumsi beberapa makanan ini agar suasana hati anda kembali membaik.

Berikut Jenis Makanan yang Bisa Bikin Anda Bahagia

Cokelat Hitam

Cokelat hitam mengandung banyak zat yang bisa bikin bahagia yaitu kandungan asam amino triptofan yang otak gunakan untuk memproduksi hormon serotonin.

Kandungan phenethylamine pada biji cokelat juga dapat memicu produksi hormon endorfin yang dapat menimbulkan rasa bahagia. Jadi, anda tidak perlu heran jika anda akan merasa bahagia setelah makan cokelat hitam.

Makanan Kaya Probiotik

Sebagian besar hormon serotonin yang berperan dalam memperbaiki suasana hati diproduksi oleh usus. Yang mana bakteri pada usus memicu hormon tersebut.

Jadi, mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik (bakteri baik bagi usus) juga bisa membuat anda bahagia. Anda bisa mendapatkan probiotik dengan mengonsumsi yogurt, tempe, keju fermentasi, dan kimchi.

Buah dan Sayuran

Menurut studi yang terbit dalam British Journal of Health Psychology. Studi tersebut menemukan bahwa konsumsi buah dan sayuran bisa memperbaiki suasana hati yang dapat memengaruhi terhadap kreativitas dan produktivitas seseorang.

Peneliti menduga bahwa kandungan vitamin C pada buah dan sayur dapat memicu produksi hormon dopamin yang berperan dalam memengaruhi emosi, gerakan, sensasi rasa senang, dan rasa sakit. Kandungan antioksidan dalam buah dan sayuran juga berperan dalam mengurangi radang dan melawan depresi.

Telur

Sebuah studi menyebutkan bahwa protein dalam telur dapat meningkatkan kadar triptofan plasma darah. Alhasil, kadar triptofan yang tinggi dalam memicu produksi hormon serotonin, senyawa kimia yang berperan penting dalam menjaga suasana hati, menciptakan rasa tenang, dan mengurangi kecemasan.

Teh Hijau

Studi yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition menyebutkan bahwa seseorang yang minum teh hijau lima cangkir atau lebih memiliki tingkat stres yang lebih rendah dibandingkan dengan yang tidak meminumnya.

Perasaan bahagia ini juga muncul karena kandungan L-theanine yang ada dalam teh hijau dapat memicu produksi hormon dopamin dan serotonin dalam tubuh. Kedua hormon tersebutlah yang berperan dalam menciptakan rasa bahagia.

Kopi

Studi yang Universitas Harvard lakukan menemukan bahwa minum kopi dapat mengurangi stres, gejala depresi, dan bunuh diri. Studi dari Archives of Internal Medicine juga menemukan bahwa minum kopi dua kali sehari dapat mengurangi risiko depresi sebesar 20 persen.

Add a Comment