Hal yang Terjadi Pada Tubuh Saat Sedang Jatuh Cinta

tubuh saat jatuh cinta

PrimaBerita – Ketika sedang jatuh cinta, beberapa hal yang mengundang reaksi bisa saja terjadi pada tubuh. Bahkan bukan hanya jantung yang semakin berdebar-debar tetapi masih ada bagian tubuh lainnya yang dapat mengundang reaksi. Sehingga hal ini seolah menjadikan kita seperti ‘orang bodoh’ saat sedang jatuh cinta.

Lantas jatuh cinta juga bisa terjadi kepada siapapun. Bahkan sejatinya setiap orang akan pernah merasakan jatuh cinta. Karena cinta merupakan suatu emosi dari kasih sayang yang kuat. Oleh karena cinta, seseorang pun akan merasakan ketertarikan secara pribadi. Jika benih-benih cinta tumbuh semakin mendalam maka akan timbul hasrat untuk saling memiliki. Dengan demikian, jatuh cinta menjadi sebuah hal yang tidak terlepas dari kehidupan manusia.

Kemudian alasan seseorang jatuh cinta juga bisa berbeda-beda. Begitu pula dengan orang yang dituju. Dengan kata lain cinta bisa kepada orang tua, lawan jenis, maupun saudara. Namun tahukah anda apa saja hal yang mungkin terjadi pada tubuh manusia saat sedang jatuh cinta?

Berikut hal-hal yang bisa terjadi pada tubuh saat seseorang sedang jatuh cinta.

1. Pipi Memerah, Keringat Dingin, dan Jantung Berdetak Lebih Cepat

Ketika bertemu seseorang yang dicintai atau hendak pergi berkencan, seseorang akan dapat merasakan beberapa tanda. Mulai dari pipi memerah, banyak keringat, hingga irama jantung berdetak sangat cepat. Namun tanda ini timbul bukan hanya karena gugup akan tetapi sebenarnya merupakan efek dari stimulasi adrenalin dan norepinephrin.

2. Pupil Melebar

Ketika perhatian tertuju pada seseorang maka ada stimulasi yang terjadi dalam sistem pembuluh darah simpati. Sehingga fase ini menimbulkan pupil mata terlihat lebih melebar.

3. Tulang Pria Akan Lebih Kuat

Salah satu studi dari UCLA menemukan bahwa pria yang hubungannya stabil atau menikah setelah usia 25 tahun maka biasanya akan memiliki tulang yang lebih kuat. Tapi walau demikian studi tersebut menyebut hal tersebut terjadi apabila pria menemukan wanita yang suportif.

4. Nada Suara Wanita Lebih Tinggi

Bagi anda yang wanita, biasanya ketika sedang jatuh cinta nada suara akan menjadi lebih tinggi. Terlebih ketika sudah mulai berkomitmen. Hal senada dari journal of evolutionary psychology, sebuah studi mengungkapkan bahwa para peneliti menemukan ketika wanita berbicara kepada pria maka suara menjadi lebih tinggi dan feminim.

5. Kenaikan Berat Badan

Hal lainnya yang bisa terjadi pada tubuh saat jatuh cinta yaitu mengalami kenaikan berat badan. Sebuah review dalam sebuah jurnal menyampaikan bahwa pasangan yang berat badannya meningkat saat masih berpacaran biasanya akan berlanjut ke pernikahan. Baik pria maupun wanita biasanya akan lebih banyak makan.

Add a Comment