Cegah Penuaan Dini, Konsumsi 5 Makanan yang Mengandung Kolagen

Makanan yang Mengandung Kolagen

PrimaBerita – Untuk membantu mencegah penuaan dini, anda bisa mengonsumsi beberapa makanan yang banyak mengandung kolagen. Karena memang sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit. Kulit yang bersih dan bersinar dapat meningkatkan tingkat kepercayaan diri seseorang. Oleh karena itu jangan ragu untuk mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung kolagen tinggi.

Makanan-makanan yang mengandung kolagen dapat berupa sayuran hijau hingga protein hewani. Yuk langsung saja lihat apa saja jenis makanan yang mengandung kolagen tinggi.

Konsumsilah putih telur karena makanan ini banyak mengandung kolagen. Putih telur memiliki prolin dalam jumlah besar dan punya asam amino yang berfungsi untuk produksi asam amino. Selain mengandung kolagen, putih telur juga tinggi protein dan rendah kalori. Dengan demikian dampak baik dari mengonsumsi putih telur secara teratur yakni untuk membantu peremajaan jaringan dan sel penghasil kulit halus.

  • Daging Ayam

Panganan yang mengandung kolagen selanjutnya yaitu daging ayam. Alasannya karena ayam mempunyai jaringan ikat. Jaringan ikat ini menjadikan daging ayam sebagai sumber kolagen yang baik. Bahkan studi dan penelitian menggunakan leher dan tulang rawan ayam sebagai sumber kolagen paling besar.

  • Sayuran Hijau

Beberapa sayuran hijau seperti sawi, bayam, dan kangkung kaya akan nutrisi seperti vitamin C serta kolagen dan zat besi. Penelitian menyebut klorofil yang terdapat pada sayuran hijau mampu meningkatkan jumlah prokolagen atau prekusor kolagen. Studi lainnya menyebut zat besi dapat membantu pembentukan kolagen dengan baik. Sebab besi adalah blok penyusun dan co-faktor bersama asam askorbat, silikon, lisin, dan prolin.

  • Kaldu Tulang

Hidangan kaldu tulang umumnya terbuat dari tulang hewan (sapi, kambing, atau ayam) dan jaringan ikat. Adapun kandungannya terdiri dari asam amino, kalsium, magnesium, fosfor, glukosamin, serta kolagen. Untuk menghidangkannya anda bisa mendidihkan tulang sapi/kambing/ayam bersama dengan air.

  • Ikan

Ikan merupakan makanan yang umumnya setiap hari kita makan bersama nasi. Karena ikan sangat baik untuk mendukung tubuh menjadi lebih sehat. Tapi tahukah anda bahwa ikan bagus untuk perawatan kulit? Selain mengandung vitamin, ikan juga mengandung kolagen. Sebab asam amino ikan efektif dalam memproduksi kolagen.

Add a Comment