Cara Tepat Hindari Jebakan Tumpukan Cicilan Akibat DP 0%

cicilan dp 0%

PrimaBerita – Transaksi pembelian metode cicilan dengan DP 0% memang kerap menggiurkan orang banyak. Bahkan hingga saat ini penawaran DP 0% bukan hanya tertuju pada pembelian kendaraan bermotor saja melainkan rumah atau bangunan lainnya.

Seperti yang terjadi sekarang ini. Bank Indonesia telah memberikan alasan bagi masyarakat yang berencana untuk mengambil rumah atau kendaraan bermotor melalui kebijakan baru pelonggaran uang muka atau DP yang berjumlah 0%. Lewat kebijakan tersebut, masyarakat yang hendak membeli rumah atau mobil per 1 maret nanti hingga 31 desember 2021 dapat mengambil cicilan tanpa harus membayar DP.

Selain itu pemerintah juga informasinya akan membebaskan pungutan pajak penjualan barang mewah untuk kategori mobil sedan dan mobil 4 x 2. Dan informasi ini berlaku mulai 1 maret 2021 sampai dengan bulan mei 2021.

Sehingga dengan demikian godaan untuk membelanjakan uang pun semakin memburu hasrat sebagian orang. Nah bagi anda yang memutuskan untuk membeli rumah atau mobil dengan metode cicilan demi mendapatkan kesempatan DP 0%, berikut sederet tips untuk anda perhatikan.

Cara Menghidari Jebakan Tumpukan Cicilan Akibat DP 0%

1. Buat Keputusan yang Rasional

Seringkali kita mengambil keputusan secara emosional. Namun berbeda jika menyangkut finansial (keuangan) karena harus dilakukan secara rasional. Salah seorang perencana keuangan menyebut bahwa soal keuangan harus berdasarkan rasional bila tidak ingin menanggung konsekuensi dan penyesalan pada kemudian hari. Selain itu pertimbangkan apakah rumah atau mobil memang sangat anda butuhkan saat ini dan bagaimana anda menanggung beban baru dari cicilan tersebut.

2. Hindari Perilaku Konsumtif

Perilaku konsumtif masing-masing orang memang berbeda-beda. Bahkan kesempatan untuk mendapatkan harga yang murah juga bisa datang berkali-kali. Oleh karena itu jangan mudah tergoda oleh tawaran lain jika memang belum sangat mendesak. Anda perlu memastikan hanya mengambil rumah atau kendaraan ketika memang sangat anda butuhkan.

3. Mengambil Alternatif Lain

Dalam hal ini jangan pernah memaksakan kehendak untuk mengambil barang serba baru apabila alternatif lainnya terbuka lebar. Barang bekas juga bisa jadi solusi yang baik terlebih ketika uang belum memadai.

Add a Comment