Cara Menyelamatkan Motor yang Terendam Banjir

Menyelamatkan Motor Terendam Banjir

PrimaBerita – Ibu kota Jakarta saat ini sedang dilanda oleh banjir, selain kendaraan yang tenggelam sebagian rumah-rumah juga sudah terkena dampak banjir ini. Untuk menyelamatkan sepeda motor yang terendam banjir dengan melakukan beberapa cara ini.

Motor terendam banjir merupakan salah satu hal yang perlu anda khawatirkan ketika musibah air bah datang. Pasalnya, tidak sedikit kerusakan yang bisa terjadi ketika kendaraan terendam genangan air.

Berikut Cara Menyelamatkan Motor yang Terendam Banjir

Komponen yang Wajib Yang Perlu Anda perhatikan

Pahami terlebih dahulu beberapa komponen atau bagian yang wajib anda perhatikan ketika terjadi banjir atau motor terendam. Beberapa bagian ini cukup krusial untuk fungsi motor, sehingga harus mendapat perlakuan tepat.

  • Busi, merupakan komponen pengapian yang rentan jika terkena air.

Ketika busi terkena air, risiko korsleting bisa terjadi. ketika motor terlanjur terendam, segera lepas busi dan keringkan sebelum digunakan kembali.

  • Aki, salah satu sumber kelistrikan pada motor adalah aki.

Secara alami, listrik dan air memang tidak bisa bersinggungan. Maka untuk keamanan, lepaskan juga aki motor dari motor yang terendam. Pastikan semua bagian aki anda keringkan.

  • Filter udara, bagian ini juga sebisa mungkin segera dikeringkan setelah terendam banjir. Bukan apa-apa, filter udara yang basah membuka resiko masuknya air ke ruang pengapian, yang artinya kabar buruk untuk motor Anda.
  • Oli dan transmisi, tabung atau ruang penyimpanan oli harus anda pastikan tidak bocor dan tidak ada air yang masuk. Sebab hal ini bisa mengganggu pengapian dan performa pelumasan. Selain itu untuk transmisinya, juga wajib kering sebelum kembali anda nyalakan.

Cara Menyelamatkan Motor Terendam Banjir

Ingat !! jangan langsung anda nyalakan mesinnya sebelum melakukan beberapa langkah sederhana berikut.

  1. Cuci dan bersihkan semua lumpur dari bagian yang terlihat. Amankan dari genangan air.
  2. Lepaskan, bersihkan, dan keringkan beberapa bagian busi, aki motor, filter udara, transmisi, serta oli.
  3. Untuk oli dan filter udara, lakukan penggantian jika sudah terendam banjir, karena tidak lagi dapat memberikan performa yang optimal.
  4. Setelah semua anda bersihkan, keringkan, kemudian pasang kembali, coba nyalakan motor dan panasi mesinnya selama kurang lebih 10 menit.
  5. Untuk langkah terakhir, pastikan tidak ada kebocoran pada bagian mesin motor.
  6. Jika perlu, segera bawa motor ke servis resmi terdekat untuk mendapat perhatian profesional.

Add a Comment