Cara Agar WhatsApp Tidak Disadap Orang Lain

Cara Agar WhatsApp Tidak Disadap Orang Lain

PrimaBerita – Sebagian besar orang bisa terlihat sangat panik ketika akun whatsapp disadap oleh orang lain. Maka untuk menghindarinya, pengguna whatsapp harus melakukan beberapa hal. Bahkan bila perlu melakukan berbagai upaya antisipasi.

Hingga sejauh ini whatsapp atau WA memang tengah menjadi primadona bagi orang dari seluruh dunia. Pasalnya aplikasi perpesanan instan raksasa ini telah digunakan oleh berbagai kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Ini tidak lain karena cara pendaftaran dan cara penggunaan aplikasi yang mudah. Kemudian aplikasi ini tersedia juga dalam sistem iOS maupun android.

Sejatinya whatsapp memang memiliki fitur keamanan enkripsi. Akan tetapi kelengkapan fitur tersebut bukan berarti terbebas dari segala tindakan penyadapan. Oleh karena itu sebaiknya anda perlu hati-hati bila kemunculan tanda seperti berikut.

– Akun WA keluar dengan sendirinya

– Mengirim pesan yang tidak pengguna kirim

– Mendapat kiriman OTP

– Status ‘online’ padahal tidak aktif

– Pesan telah terbaca padahal belum dibuka oleh pengguna

Tanda-tanda seperti itu bisa jadi akun WA anda sedang kena sadap oleh orang lain. Nah untuk mengamankan masalah tersebut, pengguna boleh melakukan tindakan atau upaya antisipasi.

Cara Agar WhatsApp Tidak Disadap Orang Lain

  • Logout Whatsapp Web

Demi menghindari penyadapan WA dari aplikasi peniru whatsapp web maka pengguna dapat mengecek perangkat apa saja yang menggunakan akun anda melalui whatsapp web. Langkah-langkahnya sebagai berikut.

1. Klik opsi titik tiga pada sudut kanan atas

2. Kemudian pilih dan klik whatsapp web

3. Muncul daftar perangkat yang login dengan akun anda lalu pilihlah logout dari semua perangkat

  • Aktifkan Verifikasi 2 Faktor

Secara keseluruhan, kode ini berbeda dengan OTP. Tujuannya agar orang lain tidak bisa masuk begitu saja ke akun whatsapp anda dan membajaknya lewat QR. Beriku langkah yang harus anda terapkan.

1. Klik opsi titik tiga pada sudut kanan atas

2. Pilih setting > account > two step verification

3. Setelah itu klik enable

4. Lalu masukkan 6 kode rahasia yang anda pilih

5. Kemudian masukkan email untuk memulihkan kata kunci jika pengguna lupa

  • Aktifkan Pemindai Sidik Jari

Cara ini juga bisa anda lakukan demi menghindari penyadapan whatsapp. Anda bisa mengaturnya melalui settingan whatsapp anda.

  • Pasang Ulang WA

Bila pengguna terlanjur mengklik oke pada saat peringatan untuk memindahkan akun, maka pengguna bisa menginstall ulang aplikasi whatsapp untuk mengambil kembali akun tersebut. Karena saat mendaftar ulang whatsapp, kode OTP whatsapp akan terkirim ke nomor anda sendiri atau ke nomor yang terdaftar.

Add a Comment