Begini Cara Meredakan Pertengkaran Hebat dalam Hubungan

PrimaBerita – Dalam setiap hubungan, tentunya akan ada pertengkaran atau konflik kecil. Masalah tersebut bisa membuat anda dan pasangan semakin dewasa. Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk meredakan pertengkaran hebat dalam hubungan anda dan pasangan.

Pentingnya meredakan pertengjaran agar tidak berkepanjangan dan berujung saling melukai satu sama lain sehingga hubungan pun malah semakin rumit.

Meski mungkin pada praktiknya tak mudah untuk anda lakukan, tapi tetap perlu anda coba demi kebaikan bersama dan keharmonisan hubungan.

Berikut cara meredakan pertengkaran dalam hubungan

Fokus pada Masalah Saat Ini

Seringkali saat bertengkar, pasangan akan mengungkit konflik atau masalah pada masa lalu. Karena terbawa emosi dan ego masing-masing, kadang masalah-masalah yang sudah berlalu ia ungkit kembali.

Padahal penting untuk fokus pada masalah atau konflik yang ada saat ini. Dengan fokus pada masalah yang ada saat ini, pertengkaran tidak akan makin melebar kemana-mana.

Ulangi Ucapan Pasangan

Melansir laman timesofindia.indiatimes.com, cara terbaik untuk memahami opini pasangan adalah mengucapkannya keras-keras.

Otak manusia bisa menerima informasi dengan lebih jelas saat dipikirkan atau diucapkan dengan keras. Jadi, jika pasangan anda marah dan anda sulit untuk memahaminya, coba ulangi perkataannya. Cara ini bisa bantu meningkatkan pemahaman bersama dalam hubungan.

Kurangi Penggunaan Kata “Aku”

Mengutarakan pendapat dan perasaan memang penting. Tapi perlu juga memahami pentingnya penggunaan kata “aku” dalam berkomunikasi. Terlalu banyak menggunakan kata “aku” bisa membuat pasangan anda merasa sudah tidak ada lagi “kita” dalam hubungan tersebut.

Alih-alih terlalu banyak menekankan dan mengucapkan “aku”, ada baiknya untuk memperbanyak kata “kita” saat membahas suatu perkara.

Hindari Nama Panggilan Buruk

Karena saking marahnya, kadang mulut ini mengeluarkan kata-kata yang tak semestinya, seperti nama panggilan atau julukan buruk.

Hindari memberi julukan-julukan yang menyakitkan hati terhadap satu sama lain. Tak perlu memberi julukan yang menekankan pada kelemahan atau kekurangan pasangan sendiri. Sebuah julukan atau nama panggilan buruk bisa berujung pada luka hati yang tak kunjung sembuh.

Saat sudah bertengkar dan rasanya sudah kehabisan kata-kata, coba untuk ambil jeda masing-masing dengan mengambil napas panjang. Latihan pernapasan dalam bisa membantu anda untuk lebih tenang dan berpikir lebih jernih.

 

Add a Comment