Apa Itu Penyakit Autoimun dan Apa Penyebabnya?

penyakit autoimun apa

PrimaBerita – Apa yang dimaksud dengan penyakit autoimun dan apa penyebabnya? Atau pernahkah anda mendengar jenis penyakit ini? Mungkin teman atau salah satu anggota keluarga anda sedang mengalaminya.

Melansir dari Alodokter, penyakit autoimun adalah kondisi ketika sistem kekebalan tubuh seseorang menyerang tubuh sendiri. Dalam istilah medis, penyakit autoimun bisa disebut dengan keadaan patologis yang timbul dari respon imun abnormal untuk zat dan jaringan yang biasanya hadir dalam tubuh (antigen diri).

Untuk pengobatan penyakit autoimun sendiri umumnya bisa dengan agen imunosipresif yang menurunkan respon imun. Namun seiring dengan perkembangan ilmu medis, cara pengobatan model baru bisa dengan pengeblokan sitokin dan penghilangan efektor sel B dan sel T.

Penyakit autoimun dapat menyerang siapa saja dan penderitanya akan lebih rentan terserang infeksi, termasuk infeksi covid-19 yang telah mewabah sangat luas ke berbagai penjuru dunia. Pada seseorang yang menderita penyakit autoimun, sistem kekebalan tubuh akan melihat sel tubuh yang sehat sebagai organisme asing. Sehingga sistem kekebalan tubuh akan melepaskan protein. Lalu terkait penyakit autoimun ini apa sebenarnya yang menjadi penyebabnya?

Saat ini belum diketahui apa penyebab pasti dari penyakit autoimun. Tapi ada beberapa kemungkinan faktor yang dapat meningkatkan resiko seseorang untuk menderita autoimun.

1. Riwayat Keluarga

Penyakit autoimun dapat menyerang anggota keluarga, walau tidak selalu terserang jenis penyakit autoimun yang sama.

2. Etnis

Mengutip dari laman Alodokter, beberapa penyakit autoimun umumnya menyerang etnis tertentu. Misalnya penyakit lupus cukup sering terjadi pada orang Afrika – Amerika dan Amerika Latin.

3. Lingkungan

Faktor lingkungan juga bisa menjadi penyebab munculnya autoimun pada tubuh seseorang. Paparan dari lingkungan tersebut bisa berupa paparan bahan kimia, cahaya matahari, maupun infeksi virus dan bakteri. Jika tidak ditangani dengan baik maka dapat memperparah keadaannya.

4. Jenis Kelamin

Wanita lebih rentan terjangkit penyakit autoimun. Adapun biasanya jenis penyakit yang tak biasa ini bisa terlihat dari masa kehamilan.

Gejala Penyakit Autoimun

Ada lebih dari 80 jenis penyakit yang tergolong ke dalam penyakit autoimun. Lantas hal yang menjadi penanda seseorang mengidap penyakit autoimun biasanya memiliki gejala yang sama. Gejala-gejala tersebut dapat meliputi:

  • Demam ringan
  • Rambut rontok
  • Kelelahan
  • Pegal otot
  • Ruam kulit
  • Kesemutan (tangan dan kaki)
  • Sulit berkonsentrasi

Add a Comment