Agar Tidak Terjebak, Ini Aplikasi dan Situs yang Bisa Memantau Banjir

aplikasi memantau banjir

PrimaBerita – Saat ini sedang musim banjir apalagi wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya, sejak turunnya hujan lebat beberapa hari terakhir menyebabkan beberapa kawasan ibu kota terendam banjir. Nah, ada aplikasi dan situs yang bisa bantu anda memantau titik banjir.

Banjir menyebabkan orang lain kesulitan beraktivitas bahkan ada yang terjebak banjir saat dalam perjalanan karena tidak bisa memantau ketinggian air.

Berikut daftar tiga aplikasi dan satu situs yang bisa bantua anda memantau banjir

PetaBencana

Salah satu situs pemantau banjir yakni PetaBencana.id bisa memetakan titik-titik banjir sesuai lokasi warga pada kota Jakarta dan kota lainnya yang berada pada wilayah Indonesia.

PetaBencana.id memaparkan bahwa sejumlah titik dalam wilayah Jakarta Timur, Jakarta Selatan, hingga Jakarta Barat mengalami banjir dengan tinggi muka air mencapai 10 sentimeter sampai lebih dari 1,5 meter.

Pantau Banjir

Warga juga dapat memantau banjir pada ibu kota menggunakan aplikasi Pantau Banjir yang Pemprov DKI Jakarta rilis pada 12 Februari 2017.

Dalam aplikasi ini tersaji informasi mengenai ketinggian air pada pintu air dan pos pengamatan hingga operasional pompa air secara realtime.

Aplikasi ini juga menyajikan informasi terkait laporan-laporan dari pengguna. Laporan ini termasuk status penanganan, lengkap dengan foto dan alamat serta ketinggian air.

Peringatan Dini Banjir Jakarta

Selain itu, ada Sistem Peringatan Dini Banjir Jakarta yang dikelola Dinas Sumber Daya Air DKI jakarta. Aplikasi ini menampilkan informasi terkini mengenai status tinggi muka air sungai-sungai dalam ibu kota. Fitur aplikasi juga termasuk menampilkan grafik tinggi muka air selama 24 jam terakhir.

Aplikasi tersebut juga menampilkan informasi prakiraan cuaca wilayah Jabodetabek dari BMKG. Juga memberikan notifikasi terkait status siaga pintu air. Sesungguhnya aplikasi tak hanya menampilkan grafik muka air, tapi juga menampilkan tampilan CCTV pintu air.

Google Maps

Warga masih bisa memantau banjir menggunakan aplikasi peta besutan Google ini. Selain menjadi sistem navigasi penunjuk arah, Google Maps juga turut memberikan informasi terkait jalan-jalan yang ditutup akibat banjir Jakarta.

Apabila pengguna membuka aplikasi Google Maps, akan muncul informasi Jakarta floods. Fitur Google Maps itu memberikan informasi daerah-daerah yang terendam.

Tidak hanya itu, Google Maps juga bisa memberikan rute perjalanan alternatif bagi pengguna untuk menghindari jalan yang tertutup.

Add a Comment