5 Makanan Pantangan Untuk Ibu Hamil, Hindari Segera

makanan pantangan ibu hamil

PrimaBerita – Demi kesehatan dan perkembangan bayi dalam kandungan, ibu hamil harus memerhatikan makanan yang ia konsumsi. Ibu hamil harus mengetahui makanan sehat dan makanan pantangan untuk ibu hamil.

Pasalnya, kondisi kesehatan dan tubuh kembang bayi diperoleh janin dari ibunya selama dalam kandungan. Tidak hanya nutrisi saja, zat-zat beracun atau bahkan vrius dan bakteri juga bisa masuk dalam janin.

Berikut 5 Makanan Pantangan Untuk Ibu Hamil  :

1. Daging mentah

Daging mentah atau daging setengah matang dapat mengandung parasit toxoplasma yang berbahaya bagi ibu hamil, karena bisa menyebabkan infeksi pada janin, sekalipun ibu hamil tidak mengalami gejala apa pun.

Oleh karena itu, bila ibu hamil ingin mengonsumsi daging, termasuk daging cincang dan sosis, pastikan daging tersebut sudah benar-benar matang. Masaklah hingga tidak ada lagi bagian daging yang tampak berdarah atau berwarna merah muda.

2. Telur mentah

Ibu hamil sebaiknya menghindari konsumsi telur mentah dan makanan yang mengandung telur mentah atau setengah matang, karena berisiko terpapar bakteri Salmonella.

Meski tidak berdampak langsung pada janin, infeksi Salmonella dapat membuat ibu hamil mengalami gangguan pencernaan yang ditandai dengan diare dan muntah-muntah.

Pastikan ibu hamil hanya mengonsumsi telur matang, yang seluruh bagian putih dan kuning telur sudah menjadi padat.

3. Ikan yang mengandung merkuri

Sebagian ikan dapat mengandung banyak merkuri yang bisa berdampak buruk pada kehamilan. Ikan tuna, makerel, todak, dan hiu adalah contoh ikan yang tidak dianjurkan untuk dimakan oleh ibu hamil. Banyaknya jumlah merkuri yang terdapat dalam ikan-ikan tersebut dapat mengganggu perkembangan saraf janin.

Selain itu, ibu hamil juga perlu membatasi konsumsi ikan salmon dan ikan makerel untuk menghindari paparan polutan dioksin dan polychlorinated biphenyls (PCB). Jika ibu hamil ingin mengonsumsi ikan laut, sebaiknya tidak melebihi dua porsi sedang per minggu.

4. Sayur mentah

Jenis kecambah, termasuk taoge dari kacang hijau dan daun semanggi sebainya jangan ibu hamil konsumsi secara mentah. Bakteri pada kecambah sangat sulit bersih jika hanya dengan proses mencuci, sehingga perlu anda masak hingga matang.

Larangan ini sebenarnya berlaku untuk semua orang, namun ibu hamil perlu lebih mewaspadai konsumsi sayur mentah untuk mencegah infeksi bakteri.

5. Susu tanpa pasteurisasi

Ibu hamil sebaiknya tidak mengonsumsi susu yang telah terproduksi tanpa proses pasteurisasi, karena berisiko mengandung bakteri Listeria yang dapat menyebabkan infeksi pada kehamilan. Hal ini juga berlaku untuk produk-produk olahan susu, seperti keju dan yoghurt.

Selain itu, ibu hamil juga sebaiknya menghindari beberapa jenis makanan lain, seperti hati dan sushi berisi ikan mentah, serta minuman yang mengandung kafein atau alkohol.

Sebaliknya, makanan yang dianjurkan untuk ibu hamil adalah gandum utuh serta produk olahannya, daging tanpa lemak, susu rendah lemak, sayur-sayuran, dan buah-buahan.

Add a Comment