Tidak Bisa Berhenti Mengunyah Keripik? Ini Penyebabnya

tidak berhenti mengunyah keripik

PrimaBerita – Keripik merupakan camilan yang banyak orang sukai. Mulai dari keripik singkong, ubi, tempe, kentang hingga keripik jagung dan buah. Gurih dan renyahnya suara keripik membuat anda tidak bisa berhenti mengunyah keripik.

Hal ini sering terjadi karena asiknya mengunyah dan tidak sadar keripiknya sudah habis anda makan tanpa tahu penyebabnya.

berikut penyebab anda Tidak Bisa Berhenti Mengunyah Keripik :

Beberapa penelitian menemukan bahwa alasan orang menyukai makan keripik penyebabnya adalah suara kriuk yang mengunyah keripik.  Alan Hirsch, M.D. sebagai peneliti bau dan rasa menyampaikan hal tersebut.

“Orang suka camilan renyah yang bisa menimbulkan suara kriuk yang keras hingga merambat ke telinga bagian dalam melalui konduksi udara dan tulang sehingga bisa membantu kita dalam mengidentifikasi apa yang kita konsumsi,” ujar Alan.

Oleh sebab itu, ketika anda mendengar suara kriuk, maka anda akan semakin ingin lebih banyak lagi makan keripik. Hal serupa juga penelitian lain buktikan yaitu ‘sonic chip’.

Penelitian tersebut mengatakan bahwa bunyi kriuk  ketika gigi mengunyah sesuatu yang renyah adalah bagian penting dari faktor keinginan untuk makan.

Penelitian itu melibatkan 20 peserta yang masing-masing untuk menilai kerenyahan 2 kaleng keripik dari salah satu merek terkenal. Peserta kemudian menggunakan headphone agar dapat memanipulasi seberapa keras suara kriuk yang d!hasilkan.

Hasilnya, semakin keras suara kriuk yang ada maka, semakin mereka tidak bisa berhenti makan keripik tersebut. Menurut peneliti ini merupakan isyarat adiktif pada alam bawah sadar yang mana suara memainkan peran besar dalam kesenangan anda secara keseluruhan atas semua yang anda makan.

Selain itu menurut peneliti lain dalam jurnal Flavour, Charles Spence menyatakan bahwa orang menggunakan suara untuk menilai seberapa lezat makanannya, karena bisa menjadi indikator penentu tekstur dan kualitas makanan.

Dalam hal itu, otak akan berstimulasi mengaitkan antara tekstur dengan kesegaran makanan. Jika teksturnya bagus, maka kesegaran makanan juga bagus. Hal ini juga berlaku untuk jenis makanan lain seperti kerupuk, ayam, atau apapun yang bisa menimbulkan suara kriuk yang keras.

Add a Comment