Tanpa Disadari, Ini Tanda Anda Sudah Pernah Tertular Covid-19

Tanpa Disadari, Ini Tanda Anda Sudah Pernah Tertular Covid-19

PrimaBerita – Disadari atau tanpa disadari ternyata ada beberapa tanda seseorang sudah pernah tertular virus corona atau covid-19. Penularan virus corona ini bisa terjadi lantaran kendornya kesadaran masyarakat akan protokol kesehatan pencegahan covid-19. Sehingga jumlah pasien yang terjangkitpun semakin meningkat hari demi hari.

Terkait tanda sudah pernah tertular covid-19, menurut para ahli sebagaimana lansiran IDNTimes ada beberapa tanda yang bisa menjadi petunjuk mengenai hal tersebut. Namun sebagai dislaimer, tanda-tanda yang disebutkan berikut ini berlaku kepada pasien yang memiliki gejala covid-19 ringan hingga sedang. Jadi tanda-tanda ini bukan untuk pasien yang tidak menunjukkan gejala apapun.

Mengalami Flu Berat

Sebagaimana diketahui bahwa beberapa gejala covid-19 menyerupai flu. Seseorang dapat mengalami demam, pusing, mual, sakit tenggorokan, batuk, hingga hidung tersumbat. Bahkan informasinya, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS atau CDC menemukan bahwa terhadap setiap 2 kasus flu maka salah satunya adalah kasus covid-19. Oleh sebab itu bila seseorang mengalami flu yang berlangsung hingga lebih dari 1 minggu, bisa jadi kemungkinannya seseorang tersebut terjangkit covid-19.

Kehilangan Indera Penciuman & Perasa

Bersamaan dengan gejala flu, bisa pula seseorang akan kehilangan indera penciuman (anosmia) serta indra perasa. Ini merupakan gejala unik yang banyak pasien covid-19 alami. Meski tidak terjadi pada semua pasien virus corona akan tetapi hal ini merupakan indikasi kuat dari infeksi SARS-CoV-2.

Lelah Tanpa Sebab

Tanda lainnya yang pasien covid-19 alami setelah sembuh yaitu mengalami lelah yang berlebihan (fatigue). Pada kondisi ini tubuh akan terasa lemas. Namun fatigue sebetulnya tidak hanya terjadi pada kasus pasien virus corona saja.

Mengalami Batuk

Salah satu gejala paling umum dari pasien yang terjangkit covid-19 dan mungkin saja terjadi adalah batuk dalam jangka waktu lama. Pada umumnya gejala ini terjadi dari awal infeksi hingga 21 hari sesudahnya. Batuk yang pasien alami pun bisa beragam yakni biasanya berupa batuk kering maupun batuk tanpa dahak/lendir.

Terkadang Merasa Sesak Nafas

Menurut lansiran Prevention, para ahli masih belum bisa memastikan berapa lama kondisi yang dialami pasien. Akan tetapi rasa sesak biasanya akan berhenti ketika inflamasi pada paru-paru telah benar-benar pulih.

Sering Sakit Kepala

Sakit kepala memang bisa muncul karena banyak hal. Tetapi kondisi ini juga bisa menjadi tanda bahwa seseorang terinfeksi virus covid-19. Berdasarkan laporan laman Novant Health, sakit kepala yang timbul setelah pasien sembuh bisa terasa sangat menyiksa.

Add a Comment