Tanaman Pengusir Nyamuk yang Ampuh dan Mudah Ditanam

PrimaBerita – Tidak sedikit orang lebih memilih cara instan dalam mengusir nyamuk dalam rumah seperti obat-obatan berbahaya yang mengandung zat kimia. Padahal, anda bisa menggunakan tanaman pengusir nyamuk yang ampuh dan mudah untuk anda tanam.

Berikut Tanaman Pengusir Nyamuk Paling Ampuh :

Lavender

Aroma bunga Lavender yang harum sangat banyak manusia sukai namun nyamuk begitu membenci aromanya karena adanya zat linalool dan lynalyl asetat.

Itulah kenapa banyak obat anti nyamuk yang menjadikan lavender sebagai salah satu campuran atau aroma dari obat tersebut.

Anda bisa menempatkan tanaman bunga lavender dalam pot ataupun langsung pada tanah depan kamar agar nyamuk tak masuk ke dalam.

Bunga Geranium

Bunga pengusir nyamuk geranium sebetulnya memiliki banyak varian yang berfungsi sama sebagai pengusir nyamuk alami. Geranium atau tapak dara ini mengandung zat geraniol dan sitronelol yang aromanya sangat  nyamuk tidak sukai.

Anda bisa menjadikan geranium sebagai tanaman hias outdoor maupun tanaman hias indoor yang banyak kegunaannya.

Manfaat lainnya, aroma bunga geranium pengusir nyamuk ini pun bisa jadi obat relaksasi dan obat stres alami.

Serai Wangi

Selain terkenal sebagai penyedap rasa makanan dan minuman, serai juga ternyata bisa jadi pengusir nyamuk alami.

Aroma tanaman anti nyamuk outdoor ini nyamuk  sangat tidak menyukainya sehingga sering serai wangi ini banyak yang menggunakan sebagai bahan pembuat losion antinyamuk.

Anda bisa menggunakan serai wangi sebagai tanamna hias outdoor ataupun memanfaatkan minyak serainya untuk anda oleskan ke badan.

Lemon Balm

Lemon balm memang bukan tanaman hias indoor pengusir nyamuk, namun khasiatnya tetap tak perlu diragukan. Kandungan sitronelal dalam lemon balm adalah zat utama yang sangat  nyamuk tidak sukai

Sementara itu, nektar bunga lemon balm yang indah justru sangat kupu-kupu sukai dan membuat mereka senang mengunjunginya.

Catnip

Catnip atau Nepeta catari adalah tanaman anti nyamuk outdoor yang sangat unik. Kucing sangat menyukai aroma bunga ini. Tapi nyamuk tidak menyukainya, bahkan nyamuk takut.

Catnip bisa anda olah menjadi minyak esensial yang disebut nepetalactone dengan khasiat yang lebih ampuh daripada obat DEET (Diethyl-meta-toluamide). Sebagai tanaman hias outdoor, catnip dapat tumbuh tinggi sehingga lokasi penanamannya harus anda perhatikan agar tak menghalangi pemandangan.

Bunga Rosemary

Mosquito Plant

Sama seperti tanaman pengusir nyamuk alami lainnya, bunga rosemary juga menghasilkan aroma yang kuat yang sangat tidak nyamuk sukai.

Bunga pengusir nyamuk ini memiliki daya tahan cukup tinggi ini sangat cocok anda jadikan sebagai tanaman anti nyamuk pada kamar.

Namun, dengan daya tahan tinggi terhadap sinar matahari, bunga rosemary pun tetap cocok bila anda jadikan tanaman hias outdoor.

Mosquito Plant

Dari namanya saja sudah jelas bahwa tanaman ini berkhasiat untuk mengusir nyamuk. Menurut penelitian Van Leeni, mosquito plant bermanfaat untuk menurunkan kemampuan nyamuk dalam mendeteksi CO2 (karbondioksida).

Ada banyak jenis mosquito plant yang terkenal, namun lebih banyak lagi jenis yang masih asing dan belum diketahui banyak orang.

Salah satunya yaitu southernwood yang terkenal di Australia dan memiliki khasiat yang sangat baik untuk mengusir nyamuk.

Add a Comment